Ribuan Muslimat NU di Ciamis Ikuti Manasik Haji

41

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Selain kegiatan pengajiaan rutin, ibadah keagamaan lainnya perlu disampaikan kepada para ibu-ibu Muslimat NU, salah satunya yaitu kegiatan praktik manasik haji.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan ibu-ibu Muslimat NU khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, bisa lebih  memahami dan mengerti tata cara melaksanakan ibadah haji.

Kegiatan manasik haji tersebut diikuti oleh ribuan anggota Muslimat NU yang ada di 14 desa di wilayah Kecamatan Pamarican. Kegiatan tersebut dilaksanakan, Minggu (22/10), bertempat di Lapang Sepak Bola Ditakerti Pamarican.

Mereka mempraktikkan manasik haji dalam kegiatan yang digelar Pengurus Muslimat NU, Kecamatan Pamarican sekaligus dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2017.

Layaknya menunaikan ibadah haji di Mekkah, ribuan ibu-ibu pengajian yang tergabung dalam Muslimat NU Kecamatan Pamarican terlihat begitu serius dan tekun dalam melaksanakan dan menjalankan semua rukun dan wajib haji. Di antaranya dengan berpakaian ikhram, sesi tahalul, lontar jumroh, hingga tawaf.

“Kegiatan ini untuk mengenalkan ibadah-ibadah dalam Islam, khususnya ibadah haji. Termasuk juga pengenalan iman dan takwa,” jelas Ketua Muslimat NU Kecamatan Pamarican, Hj. Hannah Sa’diyah

Menurut Hj. Hannah Sa’diyah, kegiatan praktik manasik haji perlu disampaikan kepada para anggota Muslimat NU, di wilayah Kecamatan Pamarican agar mereka bisa memahami dan mengerti tata cara melaksanakan ibadah haji.

Rukun dan wajib haji yang dipraktikkan dalam manasik haji tersebut, sama persis dengan ibadah haji sesungguhnya. Hanya saja, pelaksanannya dipersingkat menyesuaikan waktu yang ada.

Hj. Hannah Sa’diyah, berharap dengan kegiatan ini, para anggota Muslimat NU Kecamatan Pamarican, bisa mengerti dan memahami tata cara menjalankan ibadah haji. Dan mudah-mudahan bagi yang belum berangkat haji ke Mekkah, saya do’akan secepatnya bisa berangkat ke sana untuk beribadah dan menjalankan haji yang sebenarnya. (Baehaki Efendi/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.