Hari Santri Nasional di Garut Berlangsung Meriah

49

wartapriangan.com, BERITA GARUT. Hari Santri Nasional (HSN) yang berlangsung di Alun alun Garut, cukup gebyar. Ribuan Santri kumpul memenuhi lapangan Otista, bahkan arus lalulintas sempat macet. Namun Upacara Peringatan Hari Santri Nasional itu berlangsung hidmat.

Dalam HSN ke 3, dimeriahkan oleh berbagai kesenian tradisional. Diantaranya, lomba bedug juga Pawai Ta’aruf. Bahkan lomba bedug dan Pawai Ta’aruf membuat masyarakat takjub dan terhibur.

Ketua PCNU KH. Rd. Amin Muhyidin dalam sambutanya mengatakan. sekarang ini santri sudah berkembang seiring dinamika yang terarah dalam kerangka fungsionalisasi Pendidikan Pasantren. Itu merupakan bahwa pasantren merupakan Pusat pembangunan masyarakat secara menyeluruh.

“Pondok Pesantren kini sudah menjadi alternatif wahana pembangunan yang berpusat pada masyarakat, dan sekaligus sebagai pusat pembangunan yang berorentasi pada nilai-nilai keagamaan,”ungkap Ceng Mimin, sapaan akrab KH. Rd. Amin Muhyidin Maulani.

Slider

Menurnya, acara hajat tahunan ini diikuti oleh puluhan ribu santri yang tersebar di seluruh daerah.

“Sementara untuk Pawai Ta’aruf, pelaksanaannya dilakukan masing-masing lokasi menuju alun-alun Otista Garut, dan di lapang Otista dilanjutkan upacara, Tabligh Akbar, Lomba Bedug, Bazar Amal dan Sholawat Nariyyah untuk keselamatan bangsa,”jelasnya.

Secara bangga Ceng Mimin menegaskan, bahwa Hari Santri Nasional adalah meupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mengisi dan mempertahankan kemerdekaan.

Dalam acara tersebut, Hadir sejumlah tokoh, diantaranya, Bupati Garut, Kapolres Garut, Dandim 0611, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Garut, unsur Forkopimda Kabupaten Garut, Pengurus PCNU Kabupaten Garut, serta para tokoh ulama, tokoh masyarakat setempat, dan ribuan santri dari berbagai pelosok daerah di Kabupaten Garut.

Menurut beberapa masyarakat yang menjadi penonton, Hari Santri Nasional merupakan momentum kebangkitan Islam di Negara yang mayoritas beragama Islam. Diharapkan kedepan HSN bisa lebih meriah dan berdampak Islami bagi kehidupan masyarakat Garut hususnya. (Yayat Ruhiyat/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.