Tradisi Nasi Liwet dalam Peringatan Hari Santri Nasional di Ciamis

0 36

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Bicara Pesantren dan Santri tak lepas dengan makanan ciri khasnya yaitu Nasi Liwet. Ketua Santri Kabupaten Ciamis,  KH. Syarif Hidayat mengatakan, nasi liwet merupakan hidangan yang sangat sederhana tetepi penuh dengan makna yang sangat luas.

“Nasi liwet sangat mudah dimasaknya dan nikmat dimakannya. Jadi ketika masuk pesantren dan jadi santri, nantinya harus bisa jadi pelopor bagi masyarakat, umat muslim, serta harus biasa mandiri dan berdikari,” katanya saat ditemui selepas Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingakat Kabupaten Ciamis di Taman Raflesia Ciamis, Minggu (22/10).

Sedangkan menurut Sekertaris Daerah (Sekda) Ciamis yang baru menjabat Drs. H. Asep Sudarman, nasi liwet adalah sebuah napak tilas dari leluhur kepesantrenan.

“Jadi makna simbolis nasi liwet yang masih ada saat ini, kita hidup itu harus giat dan semangat bekerja. jangan mengandalkan pemberian dari orang saja. Artinya jika kita ingin makan, harus mencari dulu dan mengolahnya baru kita bisa makan dan menikmatinya, seperti nasi liwet meski sederhana tapi nikmat,” paparnya. (Helmi Razu, Reza/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.