Bala-Bala Komar, Bakwan Cerdas Khas Ciamis

214

wartapriangan.com, OPINIOrang Ciamis, khususnya yang domisili di Ciamis Kota, pasti tidak asing dengan Bala-Bala Komar. Ini bakwan renyah yang bisa dinikmati oleh siapapun ketika berada di Ciamis Kota. Bukan saja menjadi khas Ciamis, bakwan punya banyak kelebihan dibanding bakwan pada umumnya.

Produk gorengan buah tangan Mang Komar ini sepintas memang seperti biasa-biasa saja. Tapi kalau difikir-fikir, bakwan ala Mang Komar ini sepertinya punya banyak kelebihan dibanding dengan makanan serupa yang dijual pada umumnya.

Pertama dari sisi ukuran, bala-bala Komar dibuat kecil-kecil. Lantaran ukurannya yang kecil ini, mungkin sekitar 1/10 dari ukuran bakwan pada umumnya, bakwan buatan Mang Komar ini jadi renyah di semua sisi. Tentu berbeda ketika bakwan berukuran besar,  akan selalu ada sisi yang kering, dan ada sisi yang basah.

Yang kedua, karena kecil-kecil, secara sepintas terasa lebih murah. Para pembeli merasa mendapat lebih banyak. Kalau bakwan biasa, dengan uang Rp. 1000,- hanya dapat satu. Tapi kalau bala-bala Mang Komar dapat 10 biji. Tentunya pembeli merasa lebih senang, karena merasa mendapat lebih banyak.

Yang ketiga, bukan mustahil bala-bala ala Mang Komar ini justru lebih menguntungkan bagi penjual. Coba kalau yang 10 biji kecil-kecil itu disatukan, lalu dibandingkan dengan satu biji yang besar, yang biasa orang lain menjual. Karena dibuat kecil-kecil, semua sisi adonan tergoreng, dan dampaknya ya jadi mengembang. Berbeda dengan digoreng dalam ukuran besar, ada bagian yang basah yang tidak mengembang. Jadi, adonan bala-bala jagoan Ciamis ini bukan mustahil sebenarnya lebih efisien dibanding yang ukuran biasa.

Yang keempat, dari sisi branding produk, bala-bala yang satu ini tak punya lawan. Kalau yang ukuran biasa, orang masih bertanya, dimana beli bakwan ini? Kalau punya Mang Komar, saat orang Ciamis melihat ukuran dan teksturnya, langsung bisa menebak, ini pasti bala-bala Komar.

Kelima, tak semua bakwan berteman sambal. Kalau yang satu ini, silahkan coba, dijamin bikin kangen!

Itu tadi lima alasan bala-bala Komar lebih cerdas daripada yang lain. O ya, untuk Anda yang belum tahu dimana bala-bala ini berada, gampang. Lokasinya ada di ruas Jalan Jendral Sudirman Ciamis, sebelum Kantor Pengadilan Negeri.  Ini jalan searah, dari barat ke timur. Kalau selepas maghrib lewat jalan ini, tengok saja di sebelah kanan, pasti banyak kendaraan parkir. Nah, yang parkir-parkir itu tak lain yang sedang antri nunggu bala-bala cerdas khas Ciamis.

 

Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.