Nah, Ini Sanksi Jika Calon Panwascam di Ciamis Positif Gunakan Narkoba

77

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Panitia Pengawas Pemilu (PANWASLU) Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melaksanakan test urine kepada para peserta seleksi calon Panwascam se-Kabupaten Ciamis bertempat di gedung Sekretariat Panwaslu Jl. Ir. H. Djuanda No. 272 Ciamis pada hari Rabu 18 Oktober 2017.

Sebanyak 171 orang peserta yang berasal dari 27 Kecamatan diambil urinenya untuk diperiksa oleh tim BNNK Ciamis, terkait dengan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta seleksi calon panwascam Ciamis.

Menurut ketua Pokja Panwaslu Ciamis, Samsul Ma’arif, S.Pd., pelaksanaan tes urine ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dilengkapi bagi calon panwascam, diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu menciptakan calon Panwas yang memiliki integritas tinggi, profesionalisme dan terbebas dari narkoba.

Terkait hasil pemeriksaan urine apabila ada yang terindikasi positif menggunakan narkoba, maka secara otomatis tidak lulus seleksi calon Panwas ini.

Slider

Menurut Kasi Rehabilitasi BNNK Ciamis Aris Nuryana, S.Sos., bersama dengan Kasi P2M BNNK Ciamis Deny Setiawan,S.Sos., MM, menjelaskan bahwa pihak Panwas Ciamis berkoordinasi kepada BNNK Ciamis terkait perihal menjalin kerjasama dalam melaksanakan test urine narkoba bagi peserta seleksi calon panwascam se-Kabupaten Ciamis.

Karena test urine ini merupakan salah satu yang disyaratkan dari Bawaslu untuk ditindak lanjut oleh Panwaslu Kabupaten dalam hal seleksi calon Panwascam.

“Apabila dari hasil tes urine ini ada yang terindikasi positif menggunakan narkoba, maka kami akan melakukan pengembangan lebih lanjut untuk mencari tahu apakah penggunaanya itu menggunakan jenis obat-obatan apa atau Psikotropika,atau jenis lainnya. Nanti kami akan memita keterangannya secara jelas,”ujar Aris.

Aris menambahkan imbauan informasi tentang layanan rehabilitasi di BNN khusus bagi Pecandu dan Pengguna Narkoba untuk bisa datang melaporkan diri melalui BNN untuk direhabilitasi, selama proses rehabilitasi tidak dipungut biaya pungkas Aris.

Gartina Asih Nur salah satu peserta seleksi calon Panwascam yang berasal dari Kecamatan Panumbangan menuturkan, kegiatan test urine ini bagus untuk dilaksanakan karena diharapkan dari hasil seleksi ini akan menjaring calon yang nantinya akan menjadi panwaslu yang lebih baik. (Pujitio/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.