KKP Gelar Jambore Pesisir di Pangandaran, Ini Tujuannya!

65

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Kementerian Kelautan dan Parikanan menggelar kegiatan Jambore Pesisir di Bumi Perkemahan Lokabina di Jalan Pamugaran, Pantai Barat Pangandaran. Pelaksanaan kegiatan Jambore Pesisir, berlangsung selama 3 hari 2 malam mulai dari tanggal 15 -17 Oktober 2017.

Menurut Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Balok Budiyanto, tujuan dari pelaksanaan Jambore Pesisir adalah untuk memberikan pendidikan, pembelajaran dan pemahaman bagi peserta atau partisipan khususnya generasi muda tentang ekosistem pesisir dan model pengelolaan yang baik, hal-hal yang dapat mengancam ekosistem pesisir, strategi mitigasi bencana pesisir dan adaptasi perubahan iklim.

“Kegiatan Jambore Pesisir yang dilakukan di Kabupaten Pangandaran merupakan wahana bagi generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk belajar, meningkatkan keterampilan, berbagi pengalaman sekaligus mempraktikkan secara Iangsung kegiatan pelestarian ekosistem pesisir, penanggulangan pencemaran pesisir, mitigasi bencana dan adaptasi terhadap perubahan iklim,”jelasnya.

Balok Budiyanto menegaskan, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka Jambore Pesisir disusun ke dalam 3 komponen, yaitu; edukasi, advokasi dan aksi.

Slider

Kegiatan diikuti oleh sekitar 400 peserta yang terdln dan Siswa-siswi Sekolah Menengah Umum/sederajat sebanyak 320 orang yang berasal dan 11 sekolah, perwakilan pemuda sebanyak 50 orang yang berasal dari 5 desa, Saka Bahari Kabupaten Pangandaran sebanyak 1O orang, Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran sebanyak 20 orang.

“Serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengisi jambore pesisir di Kabupaten Pangandaran meliputi perkemahan, sekoiah pantau. bersih pantai, pelatihan pengolahan buah mangrove. dan lomba pelestarian tingkungan pesisir,”paparnya.

Menurutnya, kegiatan jambore pesisir juga menghadirkan narasumber dari kelompok pemerhati lingkungan dan kementerian/lembaga yaitu dari Yayasan Mangrove dan Komunitas Sadar Lingkungan, dengan tujuan untuk sharing pengalaman dalam melakukan pengolahan sampah, pengolahan buah mangrove dan pengetahuan tentang mitigasi bencana dan adaptasi perubahan lingkungan.

Ditempat yang sama Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Parikanan ini.

Sebagai daerah yang memiliki pesisir sepanjang 91 kilometer, lanjutnya maka kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang kelestarian pesisir, pada generasi muda.

“Apalagi Pangandaran memiliki Pantai Pangandaran dan menjadi andalan dalam peningkatan PAD sektor Kepariwisataan. Maka dengan kegiatan ini diharapkan para generasi muda dan masyarakat pada umumnya diberikan kesadaran menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan diantaranya di wilayah pantai.”ujarnya. (Iwan Mulyadi/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.