Gempa Tasikmalaya Guncangannya Sampai Pangandaran

46

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Gempa bumi Minggu malam (15/10) menggucang wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya. Dalam rilis reaminya Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siawanto, S.Sos menjelaskan jika gempa bumi tersebut termasuk gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 19:28:53 WIB dengan kekuatan 4.5 Skala Richter. Dan dengan episenter terletak pada koordinat 8.15 LS dan 107.90 BT, tepatnya pada jarak 61 km arah Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 28 km.

Slider

Berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, dampak gempabumi ini menimbulkan guncangan pada I-II Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG-BMKG) atau II-III skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, kemudian berdasarkan informasi masyarakat yang diterima BMKG getaran gempabumi dirasakan di Pangandaran, I SIG-BMKG (I-II MMI).

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng di pesisir Selatan Jawa Barat. Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang mengakibatkan deformasi batuan.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat di daerah pesisir Selatan Jawa Barat dihimbau agar tetap tenang karena gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI. (Iwan Mulyadi/WP)

 

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.