Terdampak Longsor, Lahan Sawah Tiga Desa di Ciamis Terancam Gagal Panen

0 14

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Mengantisipasi gagal tanam pada lahan pesawahan di tiga desa yang berada di Kecamatan Cipaku akibat aliran air irigasi terkena longsor, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ciamis menegaskan untuk segera melakukan musyawarah yang menghasilkan mupakat.

“Sekitar 60 hektar pesawahan baru mulai penanaman yang dialiri air irigasi dan terkena longsor terancam kekeringan. Irigasi tersebut mengairi pesawahan ke tiga Desa yaitu Mekarsari, Muktisari dan ke Desa Karangampel.

Maka untuk antisipasinya ke tiga desa tersebut harus bermusyawarah untuk mengambil solusinya supaya pesawahan tersebut masih bisa terairi,” terang Asisten Daerah (Asda) II Kabupaten Ciamis, M. Soekirman, selepas meninjau lokasi longsor bersama Wakil Bupati Ciamis H. Oih Burhanudin serta jajarannya, Senin (10/10).

Ia menambahkan, dari pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ciamis akan berupaya menanganinya dengan memberikan bantuan yang sifatnya sementara.

“Untuk mengatasi kekeringan akan diberi pinjaman berupa pipa supaya pesawahan masih bisa terairi, sedangkan untuk pembuatan akses jalan yang baru akan diberikan alat berat yang dibutuhkan saat penggarapannya,” tambahnya. (Helmi Razu, Reza/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.