Tebing Puluhan Meter di Tasikmalaya Longsor, Permukiman Warga Terancam!

0 32

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Intensitas hujan yang sangat tinggi terus menimbulkan bencana longsor di Kabupaten Tasikmalaya. Tebing setinggi 50 meter dengan panjang 150 meter di Kampung Durung, Kecamatan Mangunreja longsor.

Selain mengancam tiga rumah warga di atasnya, longsor tebing juga menimbun perkebunan serta sungai Cipongol di bawahnya. Akibatnya air sungai meluap hingga masuk areal lahan sawah milik warga setempat. Tercatat sekitar satu hektar sawah yang sudah ditanami padi usia dua bulan rusak parah tergenang air.
Menurut warga setempat, Ade Rahmat, sebelumnya hujan dua malam sangat lebat. Kemudian di atasnya ada selokan longsor yang membawa material dan menimbun Sungai Cipongol hingga sungai itu terbendung. Akibatnya saluran air dan masuk sawah.

“Sawah yang rusak diperkirakan sekitar satu hektar, yang terancam ada dua rumah warga perum dan warga biasa satu rumah,”paparnya.

Sulitnya medan membuat alat berat tidak bisa menembus lokasi longsor. Belasan warga terpaksa berusaha mengevakuasi longsor dengan alat seadanya seperti cangkul. Meski berbahaya, mereka tetap bekerja agar sungai tidak mengalir lancar.

Belasan warga di atas lokasi longsor juga dihantui rasa was-was. Mereka dipastikan mengungsi ketempat yang lebih aman jika hujan deras terjadi. Pasalnya jarak dari pemukiman menuju titik longsor kurang dari seratus meter. (Andri/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.