Puluhan KK di Ciamis Terisolir Longsor, Wabup Oih Terjun Langsung ke Lokasi

50

wartapriangan,com, BERITA CIAMIS. Longsor yang terjadi Senin (09/10) menyebabkan akses jalan desa di Ciamis longsor. Akibatnya, 30 kepala keluarga terisolir.

Longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas lebat terus menerus mengguyur Ciamis. Hujan menyebabkan debit air di aliran irigasi Cipisitan terus meningkat.

Tanah di sepanjang saluran irigasi yang labil menyebabkan tebing dengan ketinggian 40 meter  longsor. Lebar tebing yang longsor mencapai 200 meter.

Longsor juga membuat jalan Dusun Padasuka rusak sepanjang kurang lebih 100 meter. Seluruh badan jalan terbawa longsor hingga memutus akses jalan 30 KK yang tinggal di Dusun Padasuka, Desa Mekarsari, Kecamatan Cipaku.

Slider

“Itu sich jalan buntu. Tapi akses jalan yang menghubungkan antara 30 KK di Dusun Padasuka ke pusat kota. Karena jalannya longsor, warga tidak bisa beraktivitas keluar masuk kampung, mau jual hasil pertanian pun susah,” jelas salah seorang warga sekitar, Wawan Ruspendi kepada Warta Priangan.

Satu hari pasca kejadian, Wakil Bupati Ciamis, Oih Burhanudin, langsung terjun ke lokasi. Ia meninjau lokasi longsor yang menyebabkan aliran irigasi ke tiga desa yaitu Mekarsari, Muktisari dan Karang Ampel putus.

Wakil bupati melihat kondisi irigasi dan jalan yang longsor didiampingi Asda 2 Pemda Ciamis, Soekiman dan aparat setempat. Oih berjanji akan secepatnya berkoordinasi dengan instansi terkait guna memperbaiki jalan dan irigasi yang longsor tersebut. (Wawan/Dadi Haryadi/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.