Longsor Putus Akses Jalan Penghubung Desa di Tasikmalaya

23

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Tasikmalaya kembali sebabkan bencana tanah longsor. Longsor terjadi di area pesawahan terasering di Desa Jayapura, Cigalontang, Selasa (10/10/2017) dini hari tadi.

Akibatnya selain menimpa jalan sepanjang seratus meter, material longsor juga menimpa dua hektar lahan sawah di bawahnya. Selain itu akses jalan warga di dua desa terputus total tidak bisa dilalui kendaraan.

Menurut Kepala Desa Jayapura, Suratman, akses jalan dari Desa Jayapura menuju ibu kota kabupaten juga terputus total.

Kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melintas lokasi longsor. Pasalnya ketebalan tanah di jalan penghubung dua desa ini mencapai satu hingga tiga meter.

“Petani dipastikan gagal panen, padahal sawah tersebut baru ditanami padi dua pekan yang lalu,” tambahnya.

Slider

Selain akses kesehatan serta pendidikan, jelasnya, akses perekonomian warga Desa Jayapura juga terhambat. Saat ini pemerintah daerah masih menghitung kerugian akibat longsor ini.

Petugas Kepolisian, BPBD Kabupaten Tasikmalaya, TNI dibantu warga berusaha mengevakuasi pepohonan serta material longsor yang menutupi jalan. Kketiadaan alat berat memaksa proses evakuasi dilakukan manual menggunakan cangkul.

Sementara itu Camat Cigalontang, Sobari mengatakan, kerugian masih dihitung dengan kades. “Ini akses ekonomi masyarakat Desa Jayapura dan Cigalontang. Untuk alternatif bisa jalan ke Pusparaja,” paparnya.

Kapolsek Cigalontang Polres Tasikmalaya Iptu tudiman mengatakan, pihak kepolisian terpaksa mengalihkan arus kendaraan melalui jalur alternatif yang lebih jauh 15 kilometer.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena belum ada laporan warga yang hilang,” pungkasnya.

Kapolsek menambahkan, BPBD Kabupaten Tasikmalaya menargetkan, alat berat bisa mencapai lokasi selasa malam material longsor bisa dibersihkan maksimal Rabu esok. (Andri/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.