Alhamdulillah…Angka Kematian Ibu Hamil dan Anak di Ciamis Menurun

32

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Angka kematian ibu hamil dan anak tahun ini di Kabupaten Ciamis mengalami penurunan, dibanding dengan periode di tahun lalu.

“Alhamdulillah jumlah kematian ibu hamil dan anak pada awal semester antara bulan Juni ke September 2017 hanya 8 kasus, dibandingakn pada semester yang sama pada tahun 2016 terjadi 15 kasus, berarti ada penurunan” kata Kepala Bidang Kesmas DKK Ciamis, Casuli, SKM. MKK.¬†Kamis (05/10).

Slider

Ia menjelaskan, kematian ibu hamil (AKI) ini dipengaruhi beberapa hal, diantaranya ibu hamil di bawah usia 20, kemudian Pasangan Usia Subur (PUS) yang beresiko tinggi usia di bawah 20 tahun atau usia diatas 35 tahun serta yang ketiga adalah penyakit penyerta.

Casuli juga menjelaskan, banyak faktor yang menyebabkan kematian baik secara langsung atau tidak langsung. Diantaranya karena pendarahan, kurang memeperhatikan kesehatan dan asupan gizi.

“Namun yang paling rentan disebabkan karen pernikahan dini atau dibawah usia 20 tahun. Sebab diusia dini ketika hamil dan mau melahirkan daya tubuh belum kuat dan pinggul pun masih sempit,” paparnya. (Helmi, Reza/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.