Patung Ikan Marlin Bawa Berkah, Pengrajin di Pangandaran Kebanjiran Order

0 73

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Ikon patung ikan Marlin saat ini sedang populer di Kabupaten Pangandaran. Hal ini menjadi berkah bagi pengrajin dan menjadi mata pencaharian yang menjanjikan.

Agus Supriadi, pengrajin asal Dusun Bojongsalawe RT 10/05 Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi mengatakan, untuk membuat patung ikan butuh imajinasi yang tinggi.

“Ikan Marlin itu sebetulnya ikan jangilus yang bentuknya unik dan menjadi salah satu ikan yang biasa digunakan suguhan makanan pada acara pesta hajatan,”kata Agus.

Selain itu, ikan Marlin juga memiliki karakter aktrasi yang unik saat melompat dalam lautan dikala menjatuhkan badannya keperairan.

“Kalau nelayan saat melaut mendapati ikan Marlin melompat, keesokan harinya pasti ombaknya besar. Makanya ikan Marlin dijadikan sebagai salah satu ikan yang dapat jadi patokan prakiraan cuaca,”jelasnya.

Agus menjelaskan, untuk membuat patung ikan Marlin butuh waktu kurang lebih 7 hari dari mulai design sampai finishing dengan bahan fiberglass.

“Pengrajin patung ikan di Kabupaten Pangandaran saat ini belum terdata dan baru kelompok kami, makanya kami sangat kebanjiran order,” jelasnya.

Untuk menggarap satu unit patung, Agus membutuhkan karyawan sebanyak 3 orang sebagai tenaga ahli pembuat patung dan saat ini masih jarang yang memiliki talenta tersebut.

“Saat ini kami keteteran melayani sejumlah pesanan dari perkantoran pemeintah seperti kantor desa dan sekolah dan taman,”pungkas Agus. (Iwan Mulyadi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.