Longsor Terjang Hektaran Sawah Warga di Pangandaran!

49

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN.  Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di wilayah Kabupaten Pangandaran beberapa hari terakhir, menyebabkan terjadinya bencana longsor di Desa Bangunjaya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran pada 1 dan 2 Oktober 2017. Akibatnya, hektaran lahan garapan milik warga desa tertimbun material longsoran.

Longsor terjadi di dua Dusun, yakni di Dusun Sukasari dan Dusun Limus Nunggal Desa Bangunjaya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran.

Dari data laman FB Pusdalops Kabupaten Pangandaran yang diperoleh dari Anggota FKDM Desa Bangunjaya, di Dusun Sukasari longsor menyebabkan, sedikitnya 1.5 Ha (hektare) sawah, kebun dan kolam milik warga tertimbun, pada pukul 10.57 WIB, Minggu 1 Oktober 2017 lalu.

Volume longsoran kurang lebih 250 meter dengan kedalaman endapan mencapai 30 sentimeter hingga 1.5 meter.

Slider

Tidak ada korban jiwa dari bencana longsor yang terjadi di Langkaplancar. Hanya hektaran lahan milik petani setempat tertimbun longsor. Longsor di lokasi sekitar juga mengancam terputusnya akses jalan kabupaten. Yakni Jalan Langkaplancar.

Sementara longsor juga terjadi pada sebuah jalan desa di Dusun Limus Nunggal RT. 04 RW 01 Desa Bangunjaya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran, pukul 03.15 WIB, 02 Oktober 2017.

Ketua FKDM Desa Bangunjaya Kecamatan Langkaplancar, Hidayat mengatakan, jalan yang amblas tersebut merupakan jalan desa yang menghubungkan Limusnunggal – Cikadu.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun hal tersebut juga berdampak pada lahan sawah milik warga seluas 1 hektar tertimbun material, saluran irigasi 75 meter putus dan jembatan Limusnunggal ambruk pada sisinya,”jelasnya. (Iwan Mulyadi/WP)

Slider
Berita lainnya
1 Comment
  1. Kodirzulhaedir says

    Perlu waspada masuk musim hujan

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.