Begini Upaya BPBD Ciamis Ajarkan Guru dan Siswa SLB Hadapi Gempa Bumi

82

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis memberikan kemampuan dalam menghadapi bencana gempa bumi, untuk anak-anak SLB Negeri 1 Ciamis dari mulai TK hingga SMA.

Selama delapan hari dari 26 September hingga 4 Oktober 2017, setiap pagi hingga siang, mereka diberi materi-materi kebencanaan dan di hari terakhir dilaksanakan simulasi bencana gempa bumi.

Simulasi ini, ditujukan untuk melatih kesiap siagaan para siswa dan guru. Serta sebagai pembelajaran diberikan pemahaman dan tindakan yang benar, untuk menyelamatkan diri saat terjadinya bencana gempa bumi.

Slider

Kegiatan tersebut menekan pada kemampuan para guru, untuk memberikan pertolongan pertama sebelum tim medis datang. Apalagi meraka mengajar untuk siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) yang menyandang tunagrahita dengan keterbatasan mental.

Dodo Zakarya anggota Satgas PB BPBD Kabupaten Ciamis menyampaikan, kegiatan simulasi bencana gempa kepada siswa SLB di Kabupaten Ciamis ini pertama kali dari BPBD Ciamis.

“Respon siswa sangat antusias sekali. Hal tersebut terlihat dari semangat para siswa dalam mengikuti kegiatan ini, walaupun anak-anak tersebut banyak keterbatasan,”paparnya.

Menurutnya, kegiatan simulasi bencana gempa kepada sekolah-sekolah SLB di Ciamis perlu ditingkatkan.

“Diseluruh SLB di kabupaten Ciamis harus dilaksanakan simulasi bencana,”jelasnya. (Pujitio/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.