Longsor Susulan Masih Ancam Jalur Utama Garut-Pameungpeuk

0 13

wartapriangan.com, BERITA GARUT. Longsor yang terjadi Sabtu pukul 15.00 WIB di kampung Babakan Arohmah Cisompet. Material longsoran menutup jalan sepanjang 14 meter dengan ketinggian 7 meter. Membuat lalulintas arah Garut ke Pameungpeuk dan sebaliknya macet total, sebab jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan sama sekali.

Kepala BPBD Kabupaten Garut, H. Dadi Zakaria mengatakan, warga dibantu aparat Kecamatan Cisompet bahu membahu membersihkan longsoran matrial secara manual. Sehingga sedikit demi sedikit tumpukan matrial longsor sebagian bisa dibersihkan.

Bahkan Forkopim Kecamatan Cisompet dibantu warga, berhasil mengevakuasi 3 KK atau 12 jiwa yang rumahnya berada di TKP. Mereka dievakuasi ke rumah warga yang aman, karena dikhawatirkan adanya longsor susulan yang bisa membahayakan keselamatan jiwa mereka.

Sekitar pukul 21.30 WIB alat berat dari PUPR Provinsi Jawa Barat datang, sehingga pembersihan matrial yang menutupi badan jalan sepanjang 14 meter dengan ketinggian 7 meter itu bisa diatasi. Bahkan pada pukul 23.50, situasi sudah bisa normal.

Arus lalulintas baik yang menuju Garut ataupun sebaliknya menuju Pameungpeuk sudah bisa normal. Namun material longsoran masih belum bisa dibersihkan secara tuntas, tapi sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

Ditambahkan Dadi Zakaria, kondisi di TKP sampai saat ini masih dijaga petugas, selain dikhawatirkan adanya longsor susulan, juga petugas masih membersihkan sisa sisa material longsoran. (Yayat Ruhiyat/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.