Empat Faktor Penyebab Kecelakaan di Ciamis

0 26

wartapriangan.com, OPINI. Saya Arif Rahman, teman-teman biasa memanggil Arif Endog, berprofesi sebagai Wartawan Warta Priangan (WP), setiap hari pulang pergi mengendarai motor dari rumah di Cisaga ke Kantor WP di Kertasari. Dalam menjalankan aktivitas, saya kemana-mana ditemani motor inventaris kantor menyusuri jalanan Ciamis  saat mencari dan berburu berita.

Saking terbiasanya menyusuri jalanan Ciamis, saya sampai hapal seluk beluk jam rawan kecelakaan. Menurut saya, jam rawan kecelakaan terjadi di rentang waktu  pukul 06.00-12.00, ini terjadi karena menurut saya ada empat faktor penting, yaitu:

*Tingginya Pergerakan Kendaraan Bermotor

Rentang waktu pagi hari merupakan awal aktivitas mayoritas masyarakat Ciamis. Entah itu untuk mencari nafkah, menuntut ilmu hingga aktivitas lainya.

*Emosi Akibat Macet

Kemacetan lalu lintas pada pagi hari terkadang membuat emosi meluap-luap. Akibat emosi meluap, tubuh mudah lelah dan berkendara pun menjadi lengah. Ujung-ujungnya, bisa memicu terjadi kecelakaan di jalan.

*Mengantuk dan Belum Sarapan

Kurang tidur dan belum sarapan membuat konsentrasi pengendara buyar. Saya salah satu contoh yang merasakan betapa beratnya kondisi tersebut. Untungnya saya selalu punya solusi jitu. Pinggirkan motor di warung kopi.

*Tergesa-gesa

Ketakutan terlambat di tempat kerja atau di tempat tujuan lain, bisa membuat buyar konsentrasi berkendara, buntut-buntutnya bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

Wallahualam Bishowab.

(Arif Endog/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.