Jijik! Limbah Cair Hotel, Restoran dan Rumah Tangga, Masih Dibuang ke Pantai Pangandaran

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Persoalan limbah dari Hotel, restoran, kamar mandi dan rumah tangga, di Kawasan wisata Pantai Pangandaran hingga kini masih menjadi persoalan yang belum terpecahkan. Pasalnya belum ada penanganan nyata dari para pihak dan membuang limbah tersebut langsung ke laut.

Diding salah satu pedagang di Pantai Barat Pangandaran mengatakan, dirinya sering mendapat keluhan wisatawan dan pengunjung tentang limbah tersebut.

“Di sekitar pos 3 pantai barat misalnya, jika jumlah wisatawan membludak volume limbah sangat banyak dan menimbulkan bau tak sedap,”ujarnya.

Bahkan lanjutnya, tak sedikit dari mereka terserang gatal gatal usai berenang di pantai.

Dia berharap pemerintah menindak tegas pihak yang telah membuang limbah cair tanpa diolah dan difilter sama sekali.

Sementara Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan berencana membuat jalur khusus, agar limbah cair tersebut terpisah dari saluran drainase.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Surya Darma, beberapa waktu lalu mengatakan, persoalan limbah cair ini memang sedang kita pikirkan agar tidak mencemari lingkungan.

Dia menjelaskan pemisahan akan dilakukan dengan menampung limbah kamar mandi tersebut pada bak penampungan khusus.

“Sebenarnya limbah cair dari kamar mandi, dan dapur dari hotel, restoran, kamar mandi umum dan rumah tangga, cukup dilakukan filterisasi. Tidak memerlukan IPAL yang canggih seperti limbah pabrik,”ujarnya.

Dinas Kesehatan sendiri telah melakukan pemeriksaan dan mencari tahu sumber aliran limbah itu, yang tersebar di Pantai Timur dan Barat Pangandaran. (Iwan Mulyadi/WP)

(Total pembaca 383, pembaca hari ini 1)
loading...

About Iwan Mulyadi

Mengawali karier sebagai jurnalis sejak tahun 1998. Antusias terhadap filsafat, media, buku dan seni, terutama seni visual, seperti lukisan, patung, instalasi, desain, dan fotografi.

Baca Juga

Keren! 8 Desa di Pangandaran Peroleh Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku)

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Kegiatan Workshop Evaluasi Business Development Centre (BDC) pada program Kota Tanpa Kumuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!