Puluhan Relawan Pangkas Pohon Dahon di Sungai Cikidang Pangandaran, Ini Alasannya!

43

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. FKDM Desa Babakan, Pemerintahan Desa Babakan, Peserta KKN UPI Bandung, STISIP Bina Putra Banjar dan IAIIG Cilacap serta Warga sekitar, melakukan pemangkasan Pohon Dahon di Area Sungai Cikidang Blok Jembatan, Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran, Jumat (28/7) pagi.

Menurut Sekretaris Desa Babakan Mamal Nur Hidayat, kegiatan ini sebagai langkah untuk Pengurangan Risiko Bencana (PRB) sekaligus Bakti sosial menyambut HUT RI ke 72.

“Salah satu penyebab banjir yang terjadi di wilayah Desa Babakan Kecamatan Pangandaran, adalah akibat meluapnya Sungai Cikidang. Hal itu dikarenakan kondisi sungai tersebut yang sudah berubah,”ujarnya.

Slider

Dijelaskan kondisi Sungai Cikidang saat ini sudah ada penyempitan dan pendangkalan. Kemudian, pada aliran sungai terdapat banyak pohon dahon.

“Pohon dahon tersebut membuat aliran air menjadi sempit dan memperlambat lajunya air. Upaya yang perlu dilakukan adalah normalisasi,” jelasnya.

Saat ini, kata Mamal, keberadaan pohon dahon membuat aliran sungai kian menyempit. Dengan demikian, ketika hujan deras air menjadi meluap.

“Pohon dahon menghalangi dan memperlambat lajunya air. Maka diharapkan dengan pemangkasan yang kami lakukan dapat meminimalisir resiko bencana banjir,”ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat berharap pemerintah segera melakukan normalisasi Sungai Cikidang agar daerah langganan banjir di Desa Pananjung dan Babakan dapat terbebas dari banjir yang datang setiap musim hujan. (Iwan Mulyadi/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.