Mantap! Pemkab Ciamis Berikan 3 ‘Kartu Sakti’ Bagi Warganya

113

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan di Kabupaten Ciamis, Pemerintah Daerah menyampaikan tiga kartu sakti yaitu Kartu Waluya, Calaka, Walargi. Dengan sumber anggaran dari APBD Kabupaten Ciamis. 

Ketiga kartu  merupakan bandingan dari kartu Ptersebutemerintah Pusat. Yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtra (KKS).

Kartu Waluya ini berfungsi, dengan untuk mengcover masalah kesehatan masyarakat seperti BPJS, sedangkan kartu kedua adalah kartu Calakan yang berfungsi untuk membantu biaya pendidikan siswa, dan terakhir adalah kartu Walagri, yakni kartu yang digunakan untuk menangani persoalan sosial, pengembangan ketenagalistrikan, subsidi raskin dan Rutilahu.

Pada pagi tadi Jum’at (28/07), delapan Desa yang berada di Kecamatan Cisaga mendapatkan salah satu dari tiga kartu tersebut yaitu berupa kartu Waluya. Dari satu kartu waluya Pemerintah Daerah mengelontorkan dana APBD Ciamis sebesar Rp. 276.000 / Tahun.

Slider

“Alhamdulillah dari jumalah peserta 506 Program Ciamis Waluya sudah 177 Jiwa se Kecamatan Cisaga sidah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah berupa kartu waluya,” terang Camat Cisaga, Dede Suherman.

Semantara itu Wakil Bupati Ciamis, H. Oih Burhanudin menyampaikan, bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian Pemerintah Daerah, terhadap masyarakat untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat yang tidak mampu.

“Dengan kartu waluya ini diharpakan masyarakat bisa terbantu ketika hendak ingin berobat ke Puskesmas atau pun ke Rumah Sakit,” paparnya.

Tak hanya itu masyarakat pun mendapatkan Program Ciamis Walargi yang berupa Perogram Keluarga Harapan (PKH). Dari sebagian masyarakat yang mendapatkan PKH sudah ada yang mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan yang belum mendapatkan KIS maka Pemerintah Daerah mengantikannya dengan Kartu Waluya.

“Kurang lebih 618 Jiwa mendapatkan Perogram Keluarga Harapan (PKH) dan dari semua jumlah tersebut sekarang mereka sudah ada yang mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), serta sebagian mendapatkan Kartu Waluya. Untuk PKH tersebut mlendapatkan bantuan tahap 1 dan 2 sebesar Rp. 1.000.000 per orang,” tambahnya. (Dede Hermawan/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.