Pendapatan Retribusi Wisata Pangandaran Naik Dua Kali Lipat

0 46

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARANKetua Satuan Tugas Khusus, Dadan Sugista yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Ekonomi di Setda Pangandaran, mengatakan, bahwa pencapaian target PAD pariwisata untuk keseluruhan sudah mencapai 48 persen dari target tahun 2017 ini sebesar Rp. 15 miliar.

“Itu progres dari lima obyek wisata. Bahkan untuk target pendapat di obyek wisata Pantai Krapyak sudah over, Pantai Batu Karas mencapai 70 persen, tinggal mengejar target untuk di pantai Batu Hiu sama pantai Pangandaran,” ungkapnya.

Namun demikian, dengan sisa waktu di tahun 2017, menurut Dadan, pihaknya optimis retribusi wisata bisa mengapai target.

Sementara Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata
mengatakan, ada kenaikan yang signifikan dari hasil pendapatan retribusi pariwisata sejak adanya penggantian petugas penarik retribusi dengan Satuan Tim Khusus.

Menurutnya, dibandingkan dengan liburan minggu-minggu biasa saja hasil laporan minggu kemarin bedanya mencapai dua kali lipat.

“Padahal itu dibandingkan dengan pendapatan liburan minggu biasa,”ujar Jeje di ruang kerjanya, Senin (24/7/2017), usai menerima dan melihat hasil laporan pendapatan dari Satuan Tugas Khusus.

Jeje menambahkan, sebagai cobtoh untuk pendapatan retribusi pariwisata di obyek wisata pantai Pangandaran, hanya dalam satu minggu setelah diambil alih oleh Satuan Tim Khusus pendapatan bisa mencapai sekitar 300 jutaan, yang sebelumnya paling cuma sekitar 100 jutaan.

Dengan begitu, kata Jeje berarti ada sesuatu yang salah, dan berdasarkan hasil pendapatan yang meningkat secara siginfikan setelah diambil alihnya petugas penarik retribusi oleh Satuan Tugas Khusus, menjadi jawaban atas opini dari masyarakat tentang kebocoran.

“Hasil pendapatan ini, untuk menjawab opini masyarakat kenapa petugas tol gate di ambil alih oleh Satuan Tugas Khusus,”ujarnya.

Jeje juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama memantau tolgate obyek wisata.

“Saya juga akan tetap melakukan pemantau langsung untuk pendapatan dari obyek wisata,” ujarnya.

Lanjut Jeje, untuk memberikan motivasi kepada petugas Satuan Tugas Khusus untuk bekerja maksimal meningkatkan PAD Kabupaten Pangandaran, maka dirinya saat ini sedang menghitung berapa besar insentif dan biaya makan bagi petugas Satuan Tugas Khusus tersebut.

Selain itu untuk meningkatkan pariwisata di Kab Pangandaran selain melakukan penataan kawasan lanjut Jeje, dirinya sedang merancang untuk mempercantik obyek wisata lain seperti, obyek Pantai Batu Hiu, Green Canyon dan pantai Batu Karas. (Iwan Mulyadi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.