Hari Ketiga MOPD Siswa-Siswi SMAN 1 Ciamis Mengadakan ‘Demo’

60

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Dihari ketiga Masa Orientasi Peserta Didik baru (MOPD) yang kini sudah terlarang untuk dilakukan, maka siswa-siswi SMA Negeri 1 Ciamis mengadakan ‘demo’.

Tetapi demo siswa-siswi tersebut diisi dengan beragam kegiatan positif, inovatif dan bermanfaat. Kegiatan Demo tersebut untuk Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dan salah satu nya pengenalan ekstra kulikuler yang berada di sekolah tersebut.

“Tujuannya adalah untuk menanamkan sikap positif dan semangat belajar siswa selama menempuh kegiatan belajar di SMAN 1 Ciamis. Siswa juga diajak berperan aktif untuk menentukan kegiatan positif apa saja yang mereka ingin kerjakan selama berada di sekolah ini,” ungkap Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Ciamis, Drs. Supyan Iskandar, M.Pd, Rabu (19/07).

Slider

Ia menambahkan, masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMAN 1 Ciamis diisi dengan beragam kegiatan. Satu di antaranya adalah demo ekskul. Acara ini dilaksanakan di halaman sekolah dengan menghadirkan seluruh kegiatan ekskul.

“Setiap booth didampingi anggota ekskul yang akan memberikan penjelasan mengenai masing-masing profil ekskul, kepengurusan, kegiatan dan prestasi yang pernah diraih, baik dari tingkat kota, provinsi, nasional hingga ketingkat internasional. Demo ekskul tersebut di tampilkan oleh kaka kelasnya atau kaelas XII, XIII,” tambahnya.

Dijelaskan lebih detail, peserta didik baru dapat mengenal lebih dekat dan diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk memilih ekskul manakah yang sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.

Untuk menarik calon anggota, setiap pemandu ekskul harus pandai-pandai memberikan penjelasan mengenai kegiatan ekskulnya. Kepada calon anggota diberikan kesempatan untuk bertanya sebanyak-banyaknya, sehingga ketika mereka menjatuhkan pilihannya tidak akan salah pilih.

“Dengan demikian, mereka akan bisa maksimal mengeksploitasi bakat dan kemampuannya ketika sudah bergabung dengan kegiatan ekskul pilihannya itu. Sekolah mewajibkan kepada setiap siswa untuk mengikuti dua jenis kegiatan ekskul. Satu ekskul wajib, yaitu kegiatan kepramukaan dan satunya lagi, bebas sesuai pilihan siswa,” jelasnya. (Dede Hermawan/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.