Menuju Kemandirian Pangan, HKP ke 45 Digelar di Ciamis

89

wartapriangan.com. BERITA CIAMIS. Peringatan Hari Krida Pertanian ke-45 Tingkat kabupaten Ciamis di laksanakan di lapangan Desa Buniseuri Dusun Kota Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis Jawa Barat Selasa (18/17).

Peringatan HKP kali ini digelar mulai tanggal 17 – 20 juli dan di ikuti 27 Kecamatan, dengan mengambil tema “Melalui Hari Krida Pertanian ke-45 Tahun 2017 Kita Mantapkan Kelembagaan Tani-Nelayan Sebagai Mitra Kerja Pemerintah Dalam Rangka Kemandirian Pangan Menuju Kesejahteraan Petani di Jawa Barat”.

Bupati Ciamis Iing Syam Arifin mengatakan, Hari Krida Pertanian Indonesia bisa menjadi momentum dalam menyelesaikan permasalahan kesejahteraan petani di daerah Kabupaten Ciamis dalam menyokong Ketahanan Pangan Nasional.

“Kabupaten Ciamis mempunyai sumber pangan yang sangat besar salah satunya Padi, Beras di Ciamis sur plus di tahun ini,”terang Iing.

Bupati Iing menambahkan, dalam mengatasi permasalahan dunia pertanian tentunya ada identifikasi masalah dan penguatan validasi data yang akurat, untuk mengukur perlu data yang akurat bagaimana keadaan pertanian, stok pangan dan ekonomi.

Slider

Masih menurut Iing, kekayaan sumber daya alam Ciamis melimpah, hal ini harus memberikan dampak terhadap ketahanan pangan keluarga petani.

“Kita akan tetap mempertahankan Ciamis sebagai Lumbung Padi Jawa Barat dan sebagai Pusat Ketahanan Pangan Nasional,”tegasnya.

Sementara Koordinato Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Memed A Gunawan menjelaskan, selain Pertanian Kecamatan Rajadesa salah satu Kecamatan penghasil kopi jenis robusta tentunya keberhasilan itu tak lepas dari para punyuluh dengan rutin mengadakan bimbingan dan penyuluhan kepada petanidan masyarakat.

Menurut Memed, selain hasil tani kerajinan tangan juga sangat diminati pengunjung di HKP.

“Salah satunya di stand kami, alhamdulillah stan ini paling banyak di kunjungi pengunjung,”ujarnya.

Salah satu pengunjung Imas (40) warga Desa Slamanik Cipaku menyampaikan, dirinya sengaja datang kesini untuk melihat hasil kerajinan daerah karena langka dan unik selaun itu harganya terjangkau.

Peringatan HKP ini bukan hanya menjamin ketersediaan pangan kemudian meningkatkan motivasi dan kemampuan di para petani, tapi juga Krida Pertanian juga dimaknai sebagai upaya menghadirkan ketahanan keluarga para petani.

Dalam acara tersebut berlangsung berbagai kegiatan, seperti temu wicara, pemberian penghargaan kepada para petani dan nelayan yang ada di Jawa Barat yang telah berjasa dalam membangun pertanian, perkebunan, perikanan, dan kehutanan di Kabupaten Ciamis. Selain itu, ada juga pameran alsintan, kerajinan tangan, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan bazaar, juga pemecahan rekor singkong terbesar. (Dena A Kurnia/WP).

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.