Dinas Kesehatan Ciamis dan BPJS, Gelar Deteksi Kanker Serviks Gratis

0 30

wartapriangan.com. BERITA CIAMIS. Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan BPJS mengadakan deteksi dini kanker serviks di Puskesmas Cikoneng Ciamis. Selasa (18/07).

dr Eni Rochaeni menjelaskan, Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang banyak dialami oleh perempuan dan menyebabkan tingkat kematian tinggi di dunia.

“Deteksi kanker serviks harus dilakukan sedini mungkin untuk memperbesar peluang sembuh,”ujarnya.

Selama ini, lanjutnya, tingkat kematian akibat kanker serviks cukup tinggi karena banyak wanita baru menyadari dirinya terkena kanker serviks saat sudah memasuki stadium lanjut, atau bahkan sudah menyebar. Padahal, jika terdeteksi sejak dini, kanker serviks masih bisa disembuhkan.

Lebih jauh dr Eni Rochaeni menjelaskan, kanker serviks disebabkan karena adanya infeksi virus yang dikenal dengan human papilloma virus (HPV). HPV sendiri ditularkan melalui hubungan seksual yang dilakukan dengan cara anal, oral, atau vaginal.

Untuk mengatasinya kata dia, biasakan dengan pola-pola hidup bersih dan PHBS dan berprilaku CERDIK Cek Kesehatan Secara Berkala, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Olahraga dan Aktifitas Fisik, Diet yang Sehat dengan kalori yang seimbang, Istirahat yang Cukup.

“Bagi warga yang berada Ciamis di harapkan datang ke Puskesmas Cikoneng untuk memeriksaan kesehatanya dilaksanakan secara GRATIS dari tanggal (18-31)dengan syarat membawa kartu BPJS,”pungkas Eni. (Dena A Kurnia/WP).

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.