TMMD Membantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Terpencil

32

Wartapriangan.com, Berita Garut- Kegiatan (TMMD) Tentara Manunggal Membangun Desa di Kabupaten Garut, cukup sukses. Program tersebut merupakan Program kerjasama lintas sektoral antara TNI, Lembaga/ kementrian Pemerntah non kementrian (LPNK) serta Pemerihtah Daerah.

Program TMMD yang dilakukan TNI di kabupaten Garut ini, mendapat pujian dari bupati Garut, Rudy Gunawan. Kegiatan tersebut menurut bupati, dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan dalam upaya membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah tertinggal, terisolasi, daerah pinggiran juga daerah terbelakang.

Selain itu jelas bupati, TMMD merupakan salah satu wujud operasi bakti TNI yang sinergis, terintegrasi dan sangat terorganisir. Selain itu, tambahnya, TMMD memiliki maksud dan tujuan serta manfaat yang jelas, baik bagi kepentingan TNI, masyarakat maupun Pemerintah Kabupaten.

Dalam pembukaan TMMD ke-99 Tahun Anggaran 2017, yang dipusatkan di Desa Jatiwangi Kecamatan Pakenjeng, Selasa (4/7). Acara tersebut dihadiri langsung Bupati Garut, Rudi Gunawan sekaligus sebagai inspektur upacara. Turut hadir dalam acara tersebut, Kasdam III Siliwangi Brigjen YP Sembiring, Danrem Kol inf Joko Hadi Susilo, Dandim 0611 Garut Kolonel Armi Setyo Hani S, Kapolres AKBP Novri Turangga, ketua DPRD Garut Ade Ginanjar, para Dandim Se-Priangan Timur, para SKPD, Camat dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati menekankan, kerjasama antar instansi pemerintah sipil, TNI, dan Polri dalam kontek peningkatan kesejahteraan masyarakat pada seluruh aspek kehidupan. Terlebih saat ini kabupaten Garut sedang giat giatnya mengejar berbagai ketertinggalan di seluruh aspek pembangunan Daerah.

Slider

Oleh Karena itu lanjut Rudy, pemerintah daerah berpandangan bahwa kegiatan TMMD merupakan perwujudan tugas pokok TNI, sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 ayat 2 angka 9 UU no 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, yaitu membantu tugas pemerintah daerah.

Ditambahkan Rudy, hingga saat ini berbagai kegiatan TMMD, Pemda dan masyarakat mendapatkan hasil yang memuaskan serta partisipatif, karena semua yang di bangun TMMD merupakan hasil kajian dari TNI melalui Dandim 0611 Garut.

Diakui Rudi, selama tiga tahun menjadi Bupati, kegiatan TMMD selalu menghasilkan kualitas pekerjaan yang melebihi target, salah satu contohnya yang dilaksanakan di Kecamatan Banjarwangi. Untuk itu bupati sangat men dukung anggaran program tesebut.

Kasdam III Siliwangi Brigjen YP Sembiring mengatakan, dengan luas wilayah yang sangat besar, untuk itu TNI masuk mendorong Pemda untuk mempercepat pembangunan, terutama di daerah terisolir. Sehingga bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat yang terisolir.

Ditambahkan Pangdam, dengan TMMD, selain bisa membangun komunikasi sosial juga bisa menciptakan terciptakan kesejahteran warga.Terutama dalam mempercepat pembangunan perekonomian, sebab semua fasilitas insfrastuktur tersedia. Dengan demikian, pendistribusian hasil pertanian daerah akan mudah terjual. Yayat Ruhiyat/Wp

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.