Pasca Libur Lebaran, Mapolres Tasikmalaya Diserbu Warga

0 52

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Paska libur panjang lebaran 2017, jumlah pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebagai salah satu syarat untuk melamar kerja ke luar kota maupun melanjutkan ke perguruan tinggi di Mapolres Tasikmalaya Kota membludak.

“Usai lebaran banyak yang datang untuk melakukan permohonan SKCK,” ujar Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kota, Kompol H Gandi Jukardi, saat temui sejumlah wartawan di Mapolres Tasikmlaya Kota, Selasa (4/7).

Menurutnya, pemohon pembuatan SKCK yang datang ke kantor polisi yang beralamat di Jalan Letnan Harun, Kecamatan Bungurasari, Kota Tasikmalaya tersebut rata-rata didominasi lulusan SMA atau sederajat.

Meski tidak dijelaskan secara rinci berapa jumlah yang telah membuat SKCK namun menurutnya, dapat diperkirakan jumlah tersebut jauh meningkat dibanding hari biasanya.

Para pemohon sendiri kata ia, kebanyakan merupakan pemohon baru, sisanya memperpanjang SKCK. Mereka memiliki kepentingan beragam setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA.

“Bisa dilihat yang datang hampir kebanyakan baru lulus sekolah mereka sengaja membuat SKCK untuk melamar kerja. Jumlahnya sekitar 30 hingga 40 orang sehari,” katanya.

Meski jumlah meningkat, pihaknya mengaku terus mengupayakan memberikan layanan maksimal kepada warga. Sebab, selain sudah menjadi kewajiban sebagai pengayom masyarakat juga saling mendukung antar sesama.

“Kebanyakan pemohon baru, yang memperpanjang hanya beberapa saja. Kita memberikan layanan yang prima kepada semua warga, apabila ada yang kesulitan saat mengisi formulir kami bantu,” katanya.

Tahapan untuk membuat SKCK tidak membutuhkan waktu yang lama. Asalkan, kata dia, para pemohon membawa persyaratan yang ditetapkan lengkap. “Yaitu fotokopi KTP, akte kelahiran, pas foto 4X6 6 lembar, rumus sidik jari dari reskrim, dan fotokopi Kartu Keluarga,” ujarnya.

Sementara salah satu pemohon SKCK, Neti (18) warga asal Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya mengaku, dirinya sengaja datang ke Mapolres Tasikmalaya Kota  membuat SKCK untuk melamar kerja ke salah satu perusahaan di wilayah Kota Tasikmlaya.

“Iya mau melamar kerja di perusahaan daerah Tasikmlaya, tadi saya ngantri nunggu dari jam 09.00 WIB baru selesai jam 12.00 WIB,” ujarnya. (Andri/WP)

 

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.