Kecanggihan Teknologi Memfasilitasi Sistem Keuangan

wartapriangan.com, OPINI. Berbicara masalah teknologi saat ini, sungguh telah berkembang pesat. Apapun aktivitas masyarakat pasti akan mudah untuk dilakukan. Dengan teknologi yang canggih ini. Apapun serba online, simple dan mudah diakses. Salah satu kemajuan dalam perekonomian Negara adalah dalam system keuangan saat ini. Yang sampai saat ini sudah terjun kedunia modern dengan teknologi modern pula. Bidang keuangan atau financial merupakan salah satu bidang yang mendukung kekuatan perekonomian suatu Negara. Seperti yang sudah saya ungkapkan diatas, bahwa berkembangnya teknologi rupanya dalam bidang keuangan pun ikut serta mengalami perubahan yang lebih praktis dan modern. Berdasarkan penelitian, salah satu kemajuan dalam bidang keuangan saat ini adanya adaptasi Fintech (Financial Technology) dilakukan penelitian oleh Accenture investasi keselurahan pada bidang Fintech mulai merangkak naik dengan nilai mencapai 3 kali lipat dalam kurun waktu 2008 hingga 2013 bahkan Investasi diranah Fintech mencapai 4 kali lipat dari tahun 2010-2013.

Seperti yang kita ketahui bersama. Saat ini dalam system keuangan Indonesia, banyak sekali hal-hal yang sudah digital yang modern dengan menggunakan teknologi yang ada. Seperti penarikan uang tunai dalam ATM, Kegiatan valuta asing, jual beli saham dan lain sebagainya. Kemajuan teknologi ini juga ditandai dengan beberapa probem yang muncul di masyarakat. Masih banyak masyarakat yang kekurangan akses system keuangan berbasis teknologi ini. Khususnyya didaerah pedesaan. Salah satu penyebabnya bisa karena jarak antara desa dan kota yang jauh atau dengan kurangnya fasilitas yang kurang memadai.

Namun, sebagai masyarakat yang hidup di zaman modern ini. Sudah seharusnya kita dapat memnafaatkan perkembangan teknologi ini dengan sebaik mungkin. Bisa dengann mengoptimalisasikan kreatifitas kita dengan menggunakan teknologi. Khususnya dalam bidang keuangan, yang merupakan jantung perekomian Negara.

Selektif nya kita dalam memilih perkembangan teknologi ini juga harus didasari dengan pemahaman yang benar-benar luas pula. Kemudian, dalam keuangan saat ini. Layanan system kuangan berbasis teknologi saat ini sudah banyak digunakan. Seperti pada kartu kredit, asuransi dan investasi. Khususnya pada lingkup makro yang lebih luas lagi.

Tentunya dengan adanya kemajuan system keuangan ini. Pertama, kemajuan teknologi ini harus benar-benar di implementasi oleh SDM yang memiliki skill yang cukup. Kedua, dalam system keuangan yang menjadi salah satu jantung nya perekonomian suatu Negara. Sudah seharusnya menyelaraskan antara teknologi dengan kebutuhan. Kita juga harus memikirkan industry kreatif yang perlu di kembangkan lagi dalam menghadapi Teknologi yang pesat ini. Selanjutnya, dalam system keuangan khususnya dalam dunia bisnis kemajuan teknologi ini merupakan bagian yang sangat krusial sekali untuk menyokong keberlangsungan suatu bisnis. Salah satu bukti penyesuaian ini dapat dilakukan dengan mempelajari perkembangan Fintech saat ini.

Semoga dengan adanya kemajuan teknologi ini dapat juga dapat memberikan peran aktif kepada seluruh stakeholder untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu memberikan pelajaran terkait Financial Technologi khususnya dalam menangani t9ingkat konsumtif di Masyarakat.

*Penulis bernama Reni Marlina.

 

(Total pembaca 53, pembaca hari ini 1)
loading...

About vera framawati

Baca Juga

Ironi Perundungan (Bullying) Dalam Lingkungan Pendidikan

wartapriangan.com, OPINI. Akhir-akir ini kasus akibat kekerasan di sekolah makin sering ditemui baik melalui informasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!