Ajak Masyarakat Hidup Sehat, Pemkab Pangandaran Canangkan Germas

0 32

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN.  Pemerintah Kabupaten Pangandaran terus melakukan berbagai upaya untuk mengajak masyarakat hidup sehat. Satu diantaranya dengan mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Pangandaran, bertempat di Gedung Islamic Center Pangandaran, Jum’at (28/04).

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata membuka langsung acara yang ditandai dengan pemukulan gong. Dalam kampanye tersebut juga dilaksanakan makan buah secara bersama-sama.

Dalam kegiatan ini dihadiri pula Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran, Sekretaris Daerah, para kepala organisasi perangkat daerah Pemkab Pangandaran, serta para Kepala Puskesmas se Kabupaten Pangandaran.

Jeje mengatakan bahwa Germas merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan sesuai instruksi presiden tentang gerakan masyarakat.

Menurutnya, banyak hal yang bermanfaat dari gerakan masyarakat hidup sehat di antaranya mendeteksi dan melaksanakan pencegahan penyakit lebih awal. Dengan hidup sehat produktivitas akan terjaga dan biaya kesehatan dapat ditekan.

“Melalui gerakan masyarakat hidup sehat dilibatkan semua lapisan masyarakat melaksanakan pola hidup sehat sistematis,” terangnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran, Hj. Ida Nurlaela Wiradinata mengatakan, Germas bertujuan agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit degeneratif atau penyakit tidak menular dan bisa muncul akibat pola hidup yang tidak sehat.

“Kalau orang sehat tentunya bahagia, maka agar masyarakat Pangandaran bahagia maka harus sehat semuanya,” tuturnya.

Menurutnya, banyak hal yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran agar masyarakat Kabupaten Pangandaran bisa secara rutin memeriksakan diri secara rutin di puskesmas. Salah satunya dengan memberikan kartu Kertawaluya.

Dikatakanya, salah satu dari sepuluh program PKK adalah kesehatan, jadi, kata dia, pastikan PKK terus aktif terlibat dalam menyukseskan Germas dengan menyosialisasikan ke rumah tangga dan masyarakat.

“Sosialisasikan bersama dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ujarnya. (Iwan Mulyadi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.