Ayo Ajarkan Anak Mengaji Sejak Dini

wartapriangan.com, OPINI. Kadang mengaji merupakan aktivitas yang tak di dahulukan oleh orang tua, karena bukan merupakan pendidikan formal. Sebagian orang tua berpikiran bahwa dengan sekolah saja anak sudah mendapat pelajaran agama. Namun, tahu kah. Jika mengajarkan mengaji, memberikan pemahaman terkait alqur’an kepada anak sejak dini akan memberikan dampak baik bagi pendidikan anak. Terutama terkait akhlak. Salah satu nya dengan adanya TPA yang merupakan pendidikan non formal bagi anak-anak yang mengajari anak-anak membaca al-qur’an dan lainnya. Sebagai riset, sebagai penulis memberikan contoh anak di salah satu desa yang sudah diajarkan mengaji sejak mereka duduk di bangku Paud sebelum TK. Mulai dari mereka diajak dahulu ke tempat pengajian, meski di pengajian anak-anak tersebut hanya main-main. Namun, karena Guru yang mengajarkan mendidik nya secara perlahan. Dengan mereka datang ke tempat pengajian saja, itu akan menjadi kebiasaan anak-anak, yang lama kelamaan akan menjadi sebuah habbit bagi anak-anak bunda.

Banyak sekali anak di usia dini, yang sudah hafidz al-qur’an (penghafal Al-Qur’an) dan menjadi sorotan public yang harus di jadikan contoh oleh anak-anak sekarang. Memberikan prestasi sejak dini kepada kedua orang tua adalah hasil dari polo pendidikan orang tua itu sendiri. Selain itu, dengan mengajarkan anak mengaji sejak dini akan menujang anak untuk ke depan nya jika ingin masuk pesantren. Mereka akan terbiasa atau sudah fasih dalam membaca al-qur’an.

Selain memberikan pemahaman terkait pembacaan al-qur’an juga memberika pendidikan agama dalam membentuk moral anak. Pada realita saat ini, banyak sekali generasi muda yang minim dalam pemahaman nya dalam agama dan pembacaan al-qur’an. Banyak sekali penyelewengan-penyelewengan yang dilakukan anak muda saat ini, menurut penulis itu dampak dari kurang pendidikan moral. Jika dalam Islam adanya Akhlak. Bahwasanya setiap orang harus berbudi pekerti. Ayat tersebut erat kaitannya dengan Akhlak. Maka dari itu, masih nggak mau kah memberikan pedidikan agama dan mengaji pada anak sejak dini ?

Ayoo.. bangun negeri ini dengan generasi Rabbani, Generasi yang melahirkan peradaban Islam sejak dini.

Nah, bunda bisa memasukan anak-anak bunda ke TPA-TPA terdekat atau tempat pengajian anak-anak sejak dini. Atau dengan memberikan pola asuh orang tua sendiri yang mengajarkan anak nya.

Semoga dengan memberikan pengajaran anak-anak sejak dini dengan memberikan pemahaman terkait al-qur’an dan mengaji memberikan pahala bagi kedua orang tua dalam mendidikan anak-anak menjadi generasi sholeh/hah. Aamiin

Penulis bernama Reni Marlina, mahasiswi Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Depok.

(Total pembaca 77, pembaca hari ini 1)
loading...

About vera framawati

Baca Juga

Ironi Perundungan (Bullying) Dalam Lingkungan Pendidikan

wartapriangan.com, OPINI. Akhir-akir ini kasus akibat kekerasan di sekolah makin sering ditemui baik melalui informasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!