Kerap Diguncang Gempa, Ratusan Siswa SD di Bandung Belajar Siaga Bencana

42

wartapriangan. BERITA BANDUNG. Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Nasional yang jatuh pada tanggal 26 April, Diskar Penanganan Bencana Kota Bandung menyelenggarakan simulasi penanganan bencana yang berlokasi di SD El Fitra Islamic Scientific School, Jalan Cibodas Kelurahan Antapani Kota Bandung. Dalam simulasi tersebut, juga digelar penanganan dalam mengantisipasi gempa bumi yang sering terjadi di Jawa Barat. Simulasi yang diikuti oleh ratusan pelajar ini, dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Dalam keterangannya, Ferdi Ligaswara, Kepala Dinas Damkar Kota Bandung menyampaikan, dalam simulasi ini pihaknya menerjunkan sedikitnya 100 orang lebih personil untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya anak-anak tentang pentingnya kewaspadaan dalam menghadapi bencana.

Slider

Ferdi mengharapkan, dengan simulasi dan penanganan bencana tersebut masyarakat akan siaga dan tidak panik jika terjadi gempa bumi atau bencana lainnya serta diharapkan dapat melakukan tindakan penyelamatan yang seharusnya dilakukan.

Berdasarkan skenario simulasi yang diutarakan oleh Ferdi Ligaswara, kejadiannya pada hari itu, telah terjadi gempa bumi berkekuatan 7 SR yang mengakibatkan rusaknya struktur bangunan dan banyak menelan korban jiwa. Pasca bencana, Dinas Kebakaran & Penanggulangan Bencana Kota Bandung dibantu perangkat daerah setempat, relawan, TNI/Polri, PMI, beserta komunitas lainnya melakukan tindakan penyelamatan dan evakuasi korban.

Dari pantauan Warta Priangan, tampak anak-anak sekolah yang mengikuti simulasi tersebut sangat antusias mengikuti semua skenario yang sudah dirancang tersebut. (Rachmat Solihin/WP).

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.