Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, BPBD Banjar Gelar Simulasi

0 47

wartapriangan.com, BERITA BANJAR. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Jawa Barat, menggelar simulasi penanggulangan bencana. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2017, di Halaman SMK Negeri 2 Banjar, Rabu (26/04).

Kepala BPBD Kota Banjar, Yayan Herdiaman, SH., M.Si., saat ditemui usai acara mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2017. Yayan, menambahkan, kegiatan ini mengangkat tema “Membangun Kesadaran, Kewaspadaan dalam Menghadapi Bencana”.

foto: baehaki efendi/wp

“Kegiatan ini serentak dilaksanakan diseluruh wilayah di Indonesia,” jelas Yayan.

Yayan menambahkan, hal tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman sejak dini, kepada para siswa di sekolah, dalam hal pemahaman masalah bencana dan bagaimana cara penangannanya, serta memastikan kesiapsiagaan seluruh personil dan peralatan yang ada dan dimiliki oleh BPBD Kota Banjar.

foto: baehaki efendi/wp

Dalam simulasi yang digelar oleh tim Rescue BPBD Kota Banjar tersebut, ada dua tindakan yaitu penanggulanggan korban bencana gempa bumi dan penanggulangan korban kebakaran. Kegiatan tersebut melibatkan sekitar 850 orang meliputi Tim dari BPBD Kota Banjar, PMI, Tagana, Orari, Rafi, Pramuka, Dinkes, serta Guru danSiswa SMK Negeri 2 Banjar.

foto: baehaki efendi/wp

Terpisah, Wakil Wali kota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes., mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Banjar, dirinya sangat berterimakasih kepada pihak BPBD Kota Banjar yang telah melaksanakan kegiatan simulasi penanggulangan bencana ini.

foto: baehaki efendi/wp

Darmadji berharap, kegiatan simulasi penanganan bencana seperti ini bisa dilakukan secara terus menerus, serta bukan hanya dilakukan dan diberikan kepada para siswa di sekolah saja, melainkan dilakukan di tempat-tempat keramaian, tepat perbelanjaan, yang melibatkan masyarakat banyak, guna memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat dalam hal penanganan dan penanggulangan resiko menghadapi bencana, yang kapan saja mungkin terjadi. (BaehakiEfendi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.