Ini Dia Tempat Asyik Buat Belajar Sejarah Kota Bandung

0 34

wartapriangan. BERITA BANDUNG. Pemerintah Kota Bandung nampaknya belum kehabisan ide untuk membuat taman-taman tematik di Kota Bandung. Saat ini, sudah dibangun kembali satu taman tematik lainnya bernama Taman Sejarah. Namun, taman sekaligus tempat wisata ini cukup berbeda dan unik dibandingkan dengan taman tematik lainnya. Cukup unik karena taman tersebut tidak hanya sebagai tempat rekreasi, melainkan juga sebagai tempat yang sarat dengan edukasi sejarah Kota Bandung.

foto: rachmat solihin/wp

Lokasi Taman Sejarah sendiri berada di Jalan Aceh No. 53, tepatnya di belakang Kantor Balai Kota Bandung yang dulunya digunakan sebagai area parkir. Taman yang diresmikan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil pada Februari 2017 kemarin konon menghabiskan dana sekitar Rp3,1 milyar.

foto: rachmat solihin/wp

Di dalam Taman Sejarah yang memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi ini, terdapat berbagai catatan sejarah terbentuknya Kota Bandung yang juga dilengkapi dengan jejeran dinding kaca yang menampilkan tokoh pendiri dan beberapa tokoh yang pernah menjabat Walikota Bandung, mulai R. A. Wiranatakusumah hingga Ridwan Kamil.

foto: rachmat solihin/wp

Meskipun penuh dengan nuansa pendidikan dan sejarah, konsep taman sebagai tempat rekreasi warga tetap dipertahankan. Di dalam taman tetap disediakan kursi – kursi sebagai tempat beristirahat para pengunjung. Di sudut-sudut taman terdapat taman bunga yang dilengkapi dengan pohon – pohon yang rindang. Tak kalah menariknya dan selalu dijadikan tempat utama adalah kolam kecil yang cukup luas dan dirancang khusus bagi anak- anak yang ingin bermain air. Letak kolam sendiri berada di depan dinding mural tentang wajah kota Bandung.

foto: rachmat solihin/wp

Pada saat libur akhir pekan atau libur panjang seperti halnya libur panjang kemarin, Taman Sejarah banyak dikunjungi warga Kota Bandung. Bahkan pengunjung dari luar Kota Bandung pun turut berekreasi menikmati suasana taman. Dari pantauan wartapriangan, rata-rata sekira 500 s.d. 1.000 orang perharinya memadati taman tersebut.

foto: rachmat solihin/wp

Salah seorang pengunjung dari luar kota, Deny Irawan mengatakan kedatangannya bersama keluarga besar ke Bandung dari Palembang ini dikarenakan penasaran dengan wajah Kota Bandung yang berdasarkan informasi dia terima sudah banyak berubah. Selain berbelanja dan menikmati kulinernya, ia juga mengunjungi tempat-tempat yang cocok buat swafoto, seperti Teras Cihampelas dan Taman Sejarah.

Ia berharap ke depannya ketika berkunjung lagi ke Bandung sudah muncul lagi beberapa taman tematik baru sehingga semakin bervariasi objek wisata di dalam kota dan semakin banyak wisatawan berkunjung ke Kota Bandung. (Rachmat Solihin/WP).

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.