Belasan KK Korban Gempa Tasik Terpaksa Mengungsi

45

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Paska terjadinya gempa, belasan kepala keluarga korban gempa di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat mengungsi di Aula Desa Neglasari. Meski serba terbatas, mereka tetap menetap dengan tikar seadanya khawatir gempa susulan terjadi. Hingga Senin Malam, total rumah serta fasilitas ibadah yang alami keruksakan mencapai 148 buah.

Belasan kepala keluarga korban gempa lima koma empat skala richter mengungsi di Aula Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Selasa(25/04/2017) siang. mereka memilih meninggalkan rumah khawatir gempa susulan kembali terjadi.

Selain membawa alat tidur seadanya, banyak warga juga yang membawa pakaian untuk mengungsi. Meski serba terbatas, korban gempa ini tidak memiliki pilihan lain demi keselamatan jiwanya. Apalagi, banyak rumah warga yang kondisinya rusak cukup parah rawan ambruk.

Belasan KK korban gempa 5,4 skala richter mengungsi di Aula Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Selasa(25/04/2017) siang.
Slider

Korban mengaku siap direlokasi pemerintah dengan catatan disediakan lahan serta biaya membangun rumah.

Menurut salaseorang korban gempa, Cucu Nurhayati mengatakan, “cucu.. mau mengungsi ke balai desa iyah ibu takut semalam gempanya besar sekali disini takut gempa susulan… banyak semuanya disini mah ikut mengungsi.. kalau harus pindah siap kalau dikasih tempat sama uang kalau dikasih uang mau. kalau gak mah gimana ibu terlunta-lunta nanti,” Ujarnya.

Pihak Desa Neglasari mencatat total jumlah rumah serta tempat ibadah yang rusak mencapai 148 buah hingga senin petang, empat rumah rusak berat, 22 rusak sedang sementara sisanya alami keruksakan ringan. Jumlah tempat ibadah yang rusak bertambah dari empat menjadi delapan buah serta dua fasilitas pendidikan.

Sementara itu Kepala Desa Neglasari Sobirin mengungkapkan, “13 kk karena takutnya ada gempa susulan takut ada hujan karena posisi kampung itu rawan.. sebab tahun 2009 mereka juga ngungsi dibalai desa takut ada gempa susulan.. hasil laporan dari aparatur jadi ada seratus empat puluh delapan dan Mesjid sama Sekolah MI sekitar sepuluh,” jelasnya.

Peristiwa gempa bumi lima koma empat skala richter yang mengguncang Tasikmalaya senin dini hari merusak ratusan rumah di dua Kecamatan. selain di Neglasari Kecamatan Salawu, tujuh buah rumah warga di Kecamatan Cigalontang juga rusak. (Andri/WP)

 

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.