Duh, Sungai di Pangandaran Ini Kembali Mampet!

0 14

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Kembali laju aliran sungai Bugel Bulaksetra di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran tersumbat. Padahal pada 24 Pebruari 2017 lalu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pangandaran telah menurunkan alat berat dan saat berhasil melakukan penyodetan hingga air dapat lancar mengalir kembali ke laut.

Namun saat ini aliran sungai Bugel kembali mampet dan tidak bisa mengalir ke laut. Akibatnya beberapa areal persawahan dan kebun milik warga di tiga dusun di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran dikhawatirkan terendam.

Sekretaris Desa Babakan Mamal Nur Hidayat mengatakan, wilayah yang terdampak antara lain wilayah Dusun Kamurang RW. 12 (RT. 1,2,3,4 dan 5). Kemudian di Dusun Bojongkarekes RW. 15 (RT. 1,3, dan 4) RW. 16 (RT.1 dan 2), termasuk Dusun Kalapatiga RT. 03/RW. 08.

“Terhalangnya aliran sungai ke arah Iaut akibat terhalang pasir karena penyodetan kemarin kurang efektif karena tidak memakai kirmir,”jelasnya.

Deni menambahkan, warga berharap aliran sungai terutama dekat pelabuhan dibangun tanggul kanan kiri sisinya, sehingga tidak ambruk dan menyumbat lagi aliran sungai Bugel.

Sementara itu Ketua FKDM Desa Babakan Dili Suryadi menyampaikan relawan bersama warga berupaya melakukan penyodetan, namun hasilnya kurang maksimal karena menggunakan alat seadanya.

“Ini mestinya ditanggul kanan kiri sisinya menggunakan bronjong batu, sehingga tidak longsor dan menutup aliran lagi.”ujarnya.

Untuk itu dirinya berharap pihak terkait untuk meninjau lokasi dan melakukan penanganan yang tepat agar permasalahan ini dapat selesai dan tidak berlarut-larut.

“Selain itu air yang lama tidak mengalir jadi tempat berkembang biaknya bintik nyamuk yang akan
berdampak buruk bagi kesehatan warga sekitar,”pungkasnya. (Iwan Mulyadi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.