Bupati Jeje Hadiri Serangkaian Kegiatan di Hari Kartini

15

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengapresiasi keberadaan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Pangandaran. Peranan bidan sangat dirasakan manfaat masyarakat dari sejak dulu.

Hal tersebut disampaikan dalam peringatan hari Kartini yang dirangkaikan dalam Pencanangan Bhakti IBI KB-Kesehatan Kesehatan, Ulang Tahun Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan Kesatuan Gerak PKK Tingkat Kabupaten Pangandaran Tahun 2017 yang dilaksanakan di Gedung Dakwah Islam Padaherang, Jumat (21/4) siang ini.

“Kita menyadari anggaran yang kita berikan terbatas. Maka manfaatkan seefektif mungkin dengan kegiatan yang dapat langsung dirasakan masyarakat,”kata Jeje.

Bupati mengharapkan untuk lebih fokus pada hal hal mendasar, seperti mengurangi angka kematian ibu dan bayi, dan penanganan gizi buruk yang hingga kini angkanya masih tinggi, atau kegiatan yang mendasar lainnya.

“Saya senang acara ini digelar secara sederhana. Karena yang penting implementasi dan aksinya dapat bermanfaat bagi masyarakat,”ujarnya.

Slider

Kepada Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Jeje menyampaikan, pemerintah juga telah memberikan anggaran sebesar Rp.200 juta.

“Maka silahkan gunakan untuk kegiatan yang mendasar dulu, seperti Penyuluhan dan Deteksi dini Kanker Serviks. Karena kalau sudah parah susah diobati,”pungkasnya.

Sementra Kepala Dinas KBP3A Kabupaten Pangandaran Tavian Soekantoro mengatakan tujuan dari Pencanangan Bhakti IBI KB-Kesehatan Kesehatan, Ulang Tahun Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan Kesatuan Gerak PKK Tingkat Kabupaten Pangandaran Tahun 2017 adalah untuk meningkatkan kesertaan ber KB, kesehatan ibu dan anak melalui pelayanan KB.

Juga pemeriksaan secara dini terhadap penyakit kanker oleh bidan maupun petugas medis yang kompeten dalam mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera dengan perpaduan kegiatan lintas sektoral dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) BPJS dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran.

“Kegiatan Bhakti IBI KB-Kesehatan dilaksanakan selama satu tahun penuh dari Januari hingga Desember 2017. Maka hari ini, merupakan satu rangkaian kegiatan,”jelasnya.

Selain itu lanjut Tavian, sebagai kegiatan pendukung dilaksanakan pelayanan KB IUD/inplant, pemeriksaan Pap Smear dan IVA yang bertempat di Puskesmas Kecamatan Padaherang.

“Sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan diantaranya pada Kamis (20/4) berupa penggarapan khusus (rapsus) penyuluhan KB dan Kesehatan yang dilaksanakan oleh para Tenaga Penggerak Desa (TPD) Kabupaten Pangandaran bersama dengan para kader Kecamatan Padaherang,”ujarnya. (Iwan Mulyadi/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.