Dari Dalam Rutan, Ternyata Bisa Mendatangkan Uang

0 17

Warta Priangan.com.Berita Garut-Ternyata kreativitas seseorang tidak terhalang oleh tempat dan waktu. Buktinya, warga binaan Rutan Garut berhasil dan mampu menciptakan kreativitasnya.
Salah seorang warga binaan Rutan Garut Bambang Irawan (39) asal Garut kota, berhasil menciptakan kreasi seni dari limbah.
Ada beberapa hasil karyanya yang bahan bakunya dibuat dari beberapa limbah. Seperti limbah kertas koran dan kulit. Dari bahan tersebut Bangbang bisa membuat kerajinan yang bernilai sangat ekonomis.
Menurutnya, pembuatan miniatur seperti bangunan mesjid, miniatur kendaraan, miniatur kapal, patung-patung seperti domba Garut,bisa selesai dikerjakan dalam waktu dua hari.
Itu dikerjakan sendiri, katanya. Namun Bangbang suka dibantu oleh temanya yang juga memiliki jiwa seni. Namun itu pun kalau yang bersangkutan tidak ada halanga, katanya saat ditemui di Rutan Garut.
Lanjut Bambang, memang keahlianya itu sudah dimiliki sebelumnya. Namun sekarang, dia harus berjuang di dalam Rutan.
Bambang menuturkan, dari pada menghambur hamburkan waktu dalam tahanan, dia memilih untuk meneruskan berkarya. Sambil menunggu sisa waktu yang tinggal 8 bulan lagi.
“saya hanya tinggal menjalani masa tahanan delapan bulan lagi, dan insaalloh setelah saya bebas nanti mungkin kerajinan ini akan menjadi salah satu usaha saya,” tambahnya.
Sementara Kasubsi pelayanan tahanan, Hardiyus Hardianto mengatakan, warga binaan nanti usai menjalani tahanan, minimal mereka memiliki gambaran usahanya untuk bisa mandiri.
“kerajinan yang dilakukan warga binaan nantinya diharapkan bisa berinovasi diluar, dan dikembangkan. Di Rutan mereka diasah kreatifitasnya dan mudah-mudahan nanti diluar bisa bermanfaat,ucapnya.
Lebih jauh Hardiyus menjelaskan, tujuan dari lembaga kemasyarakatan, nantinya bisa mengembalikan hubungan hidup. Mudah mudahan tercapai dan mereka tidak kembali lagi ke Rutan. Yayat Ruhiyat

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.