Miris! Keluarga di Pangandaran Ini Terancam Tertimbun Longsor

0 9

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Keluarga Sukino warga Dusun Bengkekan RT 1 RW 4 Desa Sukahurip Kecamatan Pangandaran, empat bulan ini dilanda kekhawatiran. Mereka khawatir bukit di samping rumahnya tiba-tiba longsor lagi.

Empat bulan lalu bukit tersebut pernah longsor dan menimbun dinding samping rumahnya. Beruntung longsoran tanah dan material lainnya tak sampai menjebol dinding rumah yang dihuni Orang tua, Isteri dan empat orang anaknya.

Saat Warta Priangan berkunjung, Minggu (9/4), tampak sisa material longsor yang menimpa bagian samping rumahnya yang berdiri di tanah milik Desa Sukahurip ini, sudah disingkirkan. Sedangkan tanah di bukit tersebut tampak sudah retak bahkan amblas sepanjang  puluhan meter.

Menurut Sukino, pasca longsor empat bulan lalu, warga langsung bergotong royong membantu menyingkirkan tanah dan material longsoran lain.

Namun saat ini dia dan keluarganya menghawatirkan terjadi longsor susulan. Sebab tanah bukit di samping rumahnya terus bergerak dan suatu saat dikhawatirkan akan longsor lagi.

“Terutama kalau hujan turun, kami dilanda kekhawatiran. Takut tiba-tiba longsor lagi,” ujarnya.

Dirinya menyadari idealnya tempat tinggalnya pindah. Namun selain tidak tahu harus pindah kemana, biaya untuk membangun rumah tidak ada. Jangankan untuk biaya pemindahan rumah, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja dirinya kesulitan. Maklum saja dirinya hanya bekerja sendiri serabutan untuk menghidupi 6 anggota keluarganya.

“Saat ini saya menghidupi Orang tua, Isteri, dan empat orang anak yang masih sekolah. Dua anaknya duduk dibangku SMP dan dua lainnya masih duduk dibangku SD,” kata Sukino.

Saat ini dirinya berharap ada yang dapat memberikan solusi terbaik agar dia dan keluarganya tidak selalu hidup dalam kekhawatiran dan kecemasan. (Iwan Mulyadi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.