Yuk Nikmati Cantiknya Curug Cisarua Garut…!

135

wartapriangan.com. BERITA GARUT. Keindahan Curug Cisarua yang ada di wilayah Kecamatan Cilawu, memang tidak ada duanya. Dengan tinggi curug sekitar 30 meter, mampu menciptakan nuansa yang alami. Bahkan Curug Cisarua yang tepatnya berada di kaki Gunung Cikuray ini bisa dijadikan sarana lokasi parwisata berkelas dunia.

Perintis dan yang memotivasi masyarakat setempat untuk membangun eko wisata Curug tersebut Adalah “Gerakan Hejo” Garut. Dari mulai melakukan penataan hingga ke pembuatan sarana, digagas dan dimotori oleh salah satu LSM Pecinta Lngkungan Gerakan Hejo.

Dikatakan Ketua Gerakan Hejo Garut, Ratno S  Sastromihardjo atau yang lebih akrab dipanggil Wa Ratno, Gerakan Hejo hanya sebatas memotivasi warga di sekitar untuk bisa menciptakan nuansa baru yang bisa mendatangkan uang. “Namun mereka harus tetap menjaga eko sistem di sekitarnya, sehingga lingkungan sekiar eko wisata Curug Cisarua tetap asri dan terjaga,” ungkap Wa Ratno.

Slider

Menurut Wa Ratno, di sekitar lokasi akan dibuatkan area parkir yang representatif, juga bangunan-bangunan yang bernuansa Kesundaan. Dan bangunan tersebut tidak menggunakan bahan semen atau beton, namun dari bambu, kayu atau sejenisnya yang berlatar belakang tradisional. Begitu juga pasar dan jongko-jongko yang dibuat dengan bernlilai seni Sunda.

Pada tanggal 21 April nanti, Gerakan Hejo akan mengadakan aksi penanaman ribuan pohon di sekitar lokasi Curug. Dalam acara tersebut jelas Wa Ratno, akan diadakan lomba Liwet yang pesertanya masyarakat setempat. “Yang rencananya para peserta dari kaum ibu, diwajibkan menggunakan pakaian ala Perempuan Sunda jaman dulu,” jelasnya.

Acara yang akan berlangsung selama tiga hari, bertujuan untuk menciptakan kedekatan antara Gerakan Hejo Kabupaten Garut dengan masyarakat sekitar. Sehingga nantinya ke depan, masyarakat dan Gerakan Hejo Kabupaten Garut, bisa saling menjaga keasrian lingkungan di sekitar obyek wisata tersebut. Bahkan diharapkan Wa Ratnto, masyarakat akan lebih menjaga lingkungan hijau di sekatarnya. (Yayat Ruhiyat/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.