Pelajar Ciamis Harus Berani Menolak Narkoba

0 12

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. BNNK Ciamis melalui Seksi P2M mengadakan Kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) P4GN melalui Media Konvensional kepada Pelajar, Kegiatan ini dilaksanakan  pada tanggal 4 – 6 April 2017 bertempat di Ballroom The Hotel Priangan Ciamis.

Peserta yang hadir pada hari pertama yaitu perwakilan dari SMKN 1 Sindangkasih dan SMPN 1 Sadananya. Peserta pada hari kedua perwakilan dari SMK Hepweti, SMK Al-huda Turalak dan Mts Al- Huda Sadananya. Peserta pada hari ketiga perwakilan dari SMK Bhakti Kencana Ciamis dan SMPN 5 Ciamis, setiap harinya peserta yang hadir sebanyak 40 orang.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan khususnya bagi pelajar demi terciptanya proses perubahan dan tumbuhnya karakter serta perilaku pelajar untuk berani menolak narkoba.

Drs. Dedy Mudyana, M.Si selaku narasumber memaparkan materi tentang pemahaman dasar mengenai Narkoba, jenis dan dampak penyalahgunaan narkoba terhadap tubuh, serta sanksi hukumnya terhadap tindak pidana narkoba.

Dedy  menambahkan, melalui program KIE P4GN ini diharapkan akan dapat memberikan pemahaman jelas dan tegas kepada pelajar mengenai berbagai dampak buruk penyalahgunaan hingga peredaran gelap narkoba serta upaya pencegahan yang dapat diterapkan secara nyata.

Pada hari ketiga kegiatan KIE P4GN ini turut hadir Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. atau biasa dikenal sebagai Kak Seto, beliau menjabat sebagai ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak berkesempatan untuk memberikan paparan mengenai pondasi dasar berupa sehat psikis dan psikologis, dengan dua pondasi dasar tersebut apabila terdapat pada diri kita sendiri akan bisa sanggup untuk menolak nilai-nilai negative dan bisa siap untuk menjauhi narkoba.

Kak Seto memberikan satu istilah yang cukup penting yaitu tertulis dalam kata “GEMBIRA”, dimana huruf “G”= Gerak, artinya jangan pernah malas untuk beraktivitas seperti olahraga setiap hari, huruf “E” = Emosi yang cerdas dalam menyikapi situasi dan kondisi yang dihadapi, huruf “M” = Makan makanan yang bersih serta bergizi secara teratur, huruf “B” = Beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, huruf “I” = Istirahat yang teratur sehingga tubuh kita tidak merasa kecapean, huruf “R” = Rukun dan Ramah dengan sesama, huruf “A” = Amal sholeh sesuai dengan agama yang dianutnya.

“Dengan ‘GEMBIRA kita bisa membangun  pribadi yang tangguh, yang memiliki psikis dan psikologis yang sehat dan mampu menjauhi penyalahgunaan narkoba,” pungkasnya.

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.