Tak Punya Ruang Kelas, Siswa TK di Ciamis Belajar Dibekas Gudang

31

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Sungguh miris ketika kita mendengar generasi penerus kita belajar di bekas gudang. Para siswa Taman Kanak-kanak (TK) yang biasanya kita lihat belajar ditempat yang nyaman dan rapi, namun hal ini berbeda dengan siswa TK Ar-Rahman di Dusun Cilangkap, Desa Pasirnagara, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Anak-anak yang masih polos ini harus rela belajar di dalam sebuah gudang, karena sekolah yang berdiri sejak tahun 2008 lalu, hingga kini belum memiliki gedung dan ruang kelas yang nyaman.

Selama kurang lebih 9 tahun para guru dan siswa harus rela belajar di bekas gudang yang dipinjam dari pihak Sekolah Dasar Negeri 1 Pasirnagara. Selain ruangan yang sempit, para siswa harus rela berdesakan dengan alat-alat bermain mereka.

foto: baehaki efendi/wp

Kepala Sekolah TK Ar-Rahman, Patonah, S.Pd., Senin (03/04) menuturkan, hal tersebut terpaksa mereka lakukan lantaran belum mempunyai gedung dan ruang kelas sendiri untuk menunjang kegiatan belajar para siswa. Dirinya merasa sedih ketika melihat kondisi tersebut.

“Mau gimana lagi, kami terpaksa meminjam gudang yang tidak terpakai milik SDN 1 Pasarinagara tersebut, hal ini kami lakukan karena kami belum mempunyai bangunan dan ruangan kelas. Padahal lokasi tanah kami sudah punya, untuk tempat belajar generasi penerus kita, namun kami tidak mempunyai anggaran untuk memangun gedung sekolah,” tutur Patonah.

Slider

“Siswa kami saat ini berjumlah sekitar 23 orang, dan kami sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk segera membantu membangun ruangan kelas yang lebih bagus dan layak untuk penunjang kegiatan belajar mengajar,” ungkap Patonah.

foto: baehaki efendi/wp

Ditemui saat meninjau lokasi bangunan TK Ar-Rahman, Bupati Drs. H. Iing Syam Arifien mengungkapkan, dirinya atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis saat prihatin melihat kondisi TK Ar-Rahman sekarang ini.

Bupati Drs. H. Iing Syam Arifien, memerintahkan kepada Kepala Desa setempat dan Kepala Sekolah agar segera mengusulkan proposal dan anggaran yang dibutuhkan untuk membuat bangunan ruang kelas baru dilahan yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah TK Ar-Rahman tersebut.

“Mudah-mudahan saya bisa membantu dan bisa dengan cepat merealisasikan anggaran untuk membuat ruang kelas baru untuk sekolah TK Ar-Rahman ini,” pungkas Iing. (Baehaki Efendi/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.