Ribuan Siswa SD di Ciamis Digembleng Hadapi USBN

0 11

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Tak hanya Sekolah Menengah Atas atau sederajat, dan Sekolah Menengah Pertama atau sederajat yang sibuk menghadapi Ujian Nasional, tetapi sejumlah sekolah dasar (SD) di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis pun mulai menggelar try out.

Kepala UPTD Kecamatan Ciamis, Dede sarto M., S.IP. MM. M. Si saat ditemui di ruanga kerjanya, Senin (27/03) mengungkapkan, pihaknya mengintruksikan melaksanakan uji coba ini agar murid mengenal kisi-kisi soal ujian. Langkah ini dianggap perlu agar mereka benar-benar siap saat mengikuti ujian yang diperkirakan akan digelar sekitar Mei mendatang.

”Biar mereka lebih siap dengan ujian sekolah atau pun  ujian sekolah berstandar nasional (USBN), dari mulai posisi mereka duduk, cara mengisi jawaban soal, dll,” katanya.

Kepala UPTD Kecamatan Ciamis, Dede sarto M., S.IP. MM. M. Si

Selain itu, materi soal dibuat semirip mungkin dengan ujian sekolah untuk siswa SD. Naskah try out dibuat oleh panitia dengan membandingkan naskah ujian sekolah tahun-tahun sebelumnya.

Ia juga menambahkan, try out bisa menjadi ajang untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pembelajaran anak-anak SD di tingkat akhir.

” Meski waktu pelaksanaan tidak sama tetapi tidak menjadi masalah itu tergantung sekolahnya mau melaksanakan kapan dan dilaksanakan berapakali. Intinya hasil try out nanti bisa untuk mengukur sejauh mana kesiapan siswa dan sekolah untuk menyongsong ujian akhir mereka,” katanya.

Unit Pelaksana Tekhis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Ciamis Tahun 2017 akan meluluskan 1403 siswa-siswi. “Dari 44 Sekolah Dasar (SD) yang berada di sekup wilayah UPTD Kecamatan Ciamis sebanyak 1403 yang akan mengikut ujian diantaranya 705 berjenis kelamin laki-laki dan 653 jenisis kelamin perempuan,”paparnya. (Dede Hermawan/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.