Bupati Iing Bertekad Kembalikan Ciamis Sentra Produksi Cengkih Nasional

0 18

wartapriangan.com  BERITA CIAMIS. Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin siang tadi (28/03) hadiri pengajian rutin bulanan di beberapa desa di Kecamatan Panawangan, Kebupaten Ciamis. Kunjungan Bupati itu dihadiri Camat Panawangan, Ono beserta unsur Muspika, para Kepala Desa se-Kecamatan Panawangan, alim ulama, tokoh pemuda dan masyarakat.

Sebelum pelaksanaan pengajian, Bupati Iing menyempatkan menanam pohon cengkih dan pala.

“Penanaman itu bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan tanaman cengkih dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi dan lahan di seluruh Indonesia,” kata Iing.

foto: dena a. kurnia/wp

Menurut Iing, penanaman pohon akan berperan sebagai pengatur tata air yang menjamin kuantitas, kualitas dan kontinyuitas aliran sungai sebagai sumber air untuk lahan pertanian.

Iing menambahkan, Panawangan ke depan akan kembali menjadi primadona cengkih tentunya dengan melakukan revitalisasi penanaman cengkih. “Agar kejayaan Panawangan dalam produksi cengkeh nasional dapat diraih kembali,” ungkapnya.

“Pertanian Cengkih secara ekonomi lebih menguntungkan dari tanaman padi,” ungkap Bupati Iing Syam Arifin setelah melakukan  penanam di halaman Kantor Desa Indragiri.

“Dengan mendorong perluasan tanaman Cengkih di Kabupaten Ciamis diharapkan terjadi peningkatan taraf hidup ekonomi petani,”  lanjutnya.

“Cengkih selain sebagai bahan baku rokok, juga menjadi bahan obat-obatan untuk kebutuhan medis kedokteran. Dari sana petani mendapatkan nilai jual yang cukup menjanjikan, ” pungkasnya. (Dena A Kurnia/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.