Banjir Setinggi Lutut Rendam Pemukiman Warga di Ciamis

0 19

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Hujan deras yang mengguyur Ciamis, Senin (27/03) sore membuat tanggul sungai Cibeureum, yang melintasi dua dusun di Desa Margaluyu, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis jebol. Banjir di Ciamis itu menggenang pemukiman warga setinggi lutut orang dewasa.

foto: pujitio/wp

Menurut informasi yang dihimpun dan pantauan reporter Warta Priangan dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Kabupaten Ciamis, banjir terjadi akibat hujan deras dan sungai Cibeureum tidak dapat menampung debit air. Dinding sungai yang berada pinggir sawah jebol dan meluap menggenang di wilayah RT 04/01 dan RT 06/02 Dusun/Desa Margaluyu, Kecamatan Cikoneng.

foto: pujitio/wp

Menurut Sekretaris Desa Margaluyu, Herlan (47), 1 hektar sawah, 4 kolam ikan milik warga, 2 pabrik kerupuk, 4 rumah dan 6 rumah kontrakan tergenang banjir. “Saat ini kerugian belum bisa ditaksir,” paparnya.

“Terjadi genangan dari mulai pukul 15.30 hingga 19.30 WIB,” jelasnya.

foto: pujitio/wp

Warga sekitar, Jeje suprianto (40)  menyampaikan, saat hujan deras Senin sore, tanggul sungai jebol. Airnya meluap sampai selutut. Ikan di kolam milik warga hanyut, pabrik kerupuk juga kerupuknya terbawa hanyut. “Karena saat kejadian juga sedang memproduksi,” jelasnya. (Pujitio/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.