Puluhan Warga Ciamis Ikuti Donor Darah

14

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ciamis Iing Syam Arifin, menghadiri gerakan donor darah yang dilakukan oleh Karang Taruna Nusa Bhakti Unit Kerja Wilayah III Kelurahan Maleber Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Kegiatan tersebut digelar di mesjid Al Ahmad RW 03 Kedungpanjang Maleber Ciamis, Minggu (26/03).

Dalam kesempatan itu, Ketua PMI sekaligus Bupati Ciamis Iing Syam Arifin menerangkan pentingnya donor darah. Selain baik untuk kesehatan manusia, donor darah merupakan sedekah yang paling berharga.

foto: dena a kurnia/wp

“Dalam hidup kita harus saling membantu. Apalagi membantu dari apa yang kita punya dan yang paling berharga dalam diri kita, yakni darah kita,” terang Iing.

Iing juga sempat memuji gerakan donor darah yang dilakukan Karang Taruna Nusa Bhakti. Sebanyak 51 pendonor pagi tadi ambil bagian dalam kegiatan donor darah tersebut.

Slider

Pengurus PMI Kabupaten Ciamis Tete menjelaskan kegiatan donor darah yang di ikuti 51 pendonor yang mendaftarkan diri itu, tidak semuanya bisa diambil darahnya. Hanya 50 pandaftar saja yang bisa diambil darahnya, sementara satu pendaftar, tidak bisa diambil darahnya.

foto: dena a kurnia/wp

‘’Banyak faktor pendonor tidak bisa diambil darahnya. Kalau tensi darahnya rendah atau tinggi, tidak bisa diambil,” terang Tete.

“Juga kalau ada orang yang hendak melakukan donor, namun ternyata sebelumnya minum obat, juga tidak boleh,” lanjutnya.

Menurut Tete, 50 kantung darah yang dihasilkan dalam kegiatan donor darah kali ini, terbilang sedikit. Sebab, pada penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya, selalu menghasilkan di atas 50 kantung darah.

Kegiatan donor darah ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan Karang taruna. (Dena A Kurnia/WP)

 

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.