Potensi Bencana Tinggi, Ini yang Dilakukan BPBD Pangandaran

0 26

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Bencana memang tidak dapat diperkirakaan, kapan bencana itu akan datang tanpa kita tahu akan sehebat apa bencana menimpa. Terkait hal itu BPBD Kabupaten Pangandaran terus mengupayakan agar tidak menimbulkan korban jiwa saat bencana itu datang.

Maka BPBD Kabupaten Pangandaran terus menggelar pembentukan dan pelatihan Forum Kesiapsiagaan  Dini Masyarakat (FKDM) Desa Tanggap Bencana.

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat itu sendiri untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, melalui upaya “deteksi dini” terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana.

Salah satunya pada Senin-Kamis (20-23/03) BPBD Kabupaten Pangandaran bentuk FKDM di Desa Kalipucang, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Pelatihan dengan diisi materi pemahaman kepada peserta dalam mengantasi bencana banjir dan longsor. Bagaimana caranya saat ada bencana para anggota FKDM mahir dalam melaksanakan tugas di lapangan. Dari mulai pendirian posko, pos kesehatan, dapur umum dan tim evakuasi korban banjir dan longsor.

Para peserta pun dibekali kemampuan penyelamatan korbna di air dan pertolongan pertama sehingga saat ada bencana datang para anggota FKDM lebih siap menghadapi bencana.

Erik selaku panitia kegiatan menyampaikan, kegitan ini sebagai pembekalan untuk masyarakat agar mendapatkan kemampuan dalam menghadapi bencana. (Pujitio/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.