Ramai Isu Culik di Ciamis, Bupati Iing Angkat Bicara

0 16

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS.  Belakangan ini warga resah, pasalnya isu yang beredar di media social banyak culik yang berkeliaran. Untuk melancarkan aksinya, para pelaku kerap menyamar menjadi orang gila.

Terkait hal tersebut, Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin yang ditemui usai Pentas Kreativitas dan Seni Pendidikan Agama di Halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Kamis (23/03) mengatakan jika yang pertama harus diperhatikan adalah kondusifitas di setiap daerah.

“Dalam menyikapi hal ini, yang pertama adalah kondusifitas daerah. Karena keamanan adalah milik bersama. Jangan terlalu mengandalkan kepada aparat, kepada pemerintah. Dan juga pengamanan suakarsa itu harus dilakukan di seluruh wilayah, di lingkungan masyarakat. Yang paling penting adalah pengamanan masing-masing yaitu pengamanan keluarga,” terangnya.

Namun meskipun ramai isu mengenai penculikan, Iing yakin jika Ciamis adalah daerah yang aman.  “Karena masyarakat tentu saja tahu mana orang yang dekat dan dikenal mana yang tidak. Berbeda dengan kota-kota besar yang siapa saja bisa masuk,” tuturnya.

Ia juga mengatakan ada baiknya jika orang tua lebih meningkatkan lagi kewaspadaan pada anak-anak dengan mengantar jemput mereka ke sekolah. “Ada bangusnya adanya kewaspadaan, tapi ibu-ibu dan orang tua yang punya aktivitas, yang punya kegiatan apalagi yang sifatnya profesional jangan samapi menelantarkan kewajibannya”.

Ia menambahkan jika semua orang tua patut bersikap waspada terhadap anak-anaknya. “Kita tinggal mengatur waktu kapan untuk mengantar lalu menjemput anaknya. Dan itu bagus karena pengamanan suakarsanya berjalan masing-masing”. (Ane Wowiling/WP).

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.