Komunitas di Ciamis Ini Ajak Warga Jaga Sungai

15

www.wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Dalam rangka memperingati Hari Air se-Dunia, Forum Komunitas Peduli Sungai Galuh Ciamis mengajak masyarakat untuk peduli sungai dengan berkeliling di kawasan Alun-Alun Ciamis, Rabu (22/03).

Ketua Forum Peduli Sungai, Drs. H. Dadan SW, BE., MM mengatakan,  bertepatan dengan peringantan tersebut, Forum Komunitas Peduli Sungai yang berada di Maleber mencoba mengembangkan kepeduliannya untuk masyarakat.

“Dengan adanya Forum Komunitas ini, diharapkan masyarakat lebih peduli lagi dengan lingkungan. Di darat maupun di air. Kalau kita sudah peduli dengan lingkungan, baik sungai maupun airnya, diharapkan bisa defisit airnya,” terangnya.

Slider
foto: ane wowiling/wp

Sementara itu Sekretaris FK PSGC Kabupaten Ciamis, Indra Kusuma mengatakan, jika banyaknya sungai yang dijadikan sebagai pembuangan sampah ini harus mendapatkan tindakan yang serius dari pihak pemerintah.

“Karena hal ini harus dikaji dulu, dari bidang akademiknya bagaimana. Dan tentu harus ada keseriusan dari pemerintah dalam penanganan. Seperti yang pertama, mencari tahu dulu mengapa debit airnya berkurang lalu mencari langkah dan solusinya. Dan kami siap bekerja sama dalam upaya untuk meningkatkan sungai-sungai di sekitar kita,” ujarnya.

Ia juga berharap dengan adanya Forum ini masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai. (Ane Wowiling/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.