Destinasi Baru di Pangandaran Menjamur, Ini Kata Ketua HPI

0 18

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Himpunanan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Pangandaran mengapresiasi banyaknya destinasi baru yang bermunculan di wilayah Kabupaten Pangandaran.

“Kita ikut senang adanya destinasi baru berarti menambah koleksi tujuan wisatawan yang datang ke Pangandaran,” ungkap Ketua HPI Kabupaten Pangandaran, Tedi Kuswara.

Tedi mengatakan, banyaknya destinasi baru yang bermunculan juga harus diikuti oleh kemampuan pelaku wisata di didestinasi baru tersebut.

foto: iwan mulyadi/wp

“Jangan sampai dengan adanya destinasi baru karena pelaku wisatanya belum siap akan berakibat jelek terhadap pelayanan wisata, sehingga yang tadinya punya niat baik malah menjadi sesuatu hal yang membuat kecewa pengunjung karena ketidak siapan pelaku wisatanya,” ungkapnya.

Dikatakannya, pihaknya juga meminta kepada pemerintah terutama dinas Pariwisata untuk lebih peka dan berperan aktif untuk meningkatkan kemampuan para pelaku wisata terutama di Destinasi baru yang baru terbentuk.

foto: iwan mulyadi/wp

“Kita harus menyiapkan SDMnya dan memberikan pemahaman kepada pelaku wisata sehingga ada standar dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan,” tuturnya.

Lanjut Tedi, Sesuai dngan Visi Misi Kabupaten Pangandaran menjadi Kabupaten pariwisata berkelas dunia yang perlu disiapkan adalah Sumber Daya Manusia dan merubah maindset masyarakat menjadi masyarakat pariwisata.

“Sumber Daya Manusia yang sangat penting, harus di siapkan dari sekarang jangan hanya membangun destinasi baru sementara sdm nya belum siap yang akhirnya akan jadi bumerang, bahkan kita sebagai masyarakat akan tertinggal akibat perkembangan pariwisata,”tegasnya.

foto: iwan mulyadi/wp

Tedi menambahkan, pihaknya juga berharap Pemerintah bisa bersinergi dengan pelaku wisata dan stakeholders dalam mewujudkan visi misi pemerintah.

“Membangun kemitraan mempersiapkan sejak dini untuk tujuan yang lebih besar dan kita siap membantu bersama sama pemerintah untuk mewujudkan Pangandaran menjadi tujuan wisata berkelas dunia,” pungkasnya. (Iwan Mulyadi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.