Baru Setahun Apep Hasilkan Ribuan Ayam Petelur

37

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Peternak ayam petelur menjadi salah satu pilihan mencari rejeki oleh salah satu pemuda Desa Sukamaju,Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis.

Apep Arif Rahman (24) peternak ayam petelur, mencoba memulai usaha menjadi peternak ayam petelur sejak satu tahun lalu. Ia sekarang memiliki 3000 ayam petelur, memang ia belum cukup lihai dalam berternak ayam petelur. Tetapi setidaknya, usaha yang ia jalankan mendapatkan hasil yang cukup.

Tak hanya itu, kandang ayam petelur milik Apep pun berada di atas kolam ikan, sehingga ia dapat mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan ikan dan budidaya ikan air tawar.

Slider
foto: pujitio/wp

Saat ditemui reporter wartapriangan, Kamis (15/03) siang, “Keuntungan yang sangat bisa dirasakan yaitu dari panen ikan, di kolam ikan kan itu ada ikan gurame, ikan jaer yang memiliki harga ekonomis di pasaran,” paparnya.

Namun saat ini yang jadi kendala itu dalam proses pemasaran telur itu sendiri, karena jarak dari kandang ayam petelur ke pasar itu cukup jauh. Jika diantar untuk dijual ke pasar itu untungnya sedikit hanya cukup untuk mengganti bensin.

“Untuk mensiasati itu, jadi saya hanya menjual ke warung-warung di sekitar Desa walau harganya cukup murah. Atau ada juga pembeli yang datang ke rumah untuk membeli telur ayam,” jelas Apep. (Pujitio/WP)

Slider
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.