Senin Besok, Satu Sisi Jembatan Ciputrapinggan akan Ditutup!

0 17

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Kayu bantalan Jembatan Bailey Ciputrapinggan sebelah utara yang dikerjakan Batalyon Zeni Tempur Kodam III Siliwangi kembali rusak. Padahal masa pemeliharaannya sudah habis.

Mengingat pentingnya fungsi jembatan yang merupakan akses penting dari dan ke Pangandaran, pihak pengusaha dari Indah Savana Grup akan melakukan perbaikan mulai Senin (20/3) mendatang.

“Ini sebagai bentuk kepedulian sebagai warga Pangandaran, agar berbagai aspek sosial dan ekonomi masyarakat tidak terganggu dan berjalan lancar,” kata Agus Mulyana, Direktur Indah Savana Grup kepada Warta Priangan di kantornya, Jumat (17/3) siang.

Agus menambahkan bantalan jembatan bailey Ciputrapinggan yang dikerjakan oleh Batalyon Zeni Tempur Kodam III Siliwangi terkesan cepat rusak, karena kendaraan dengan tonase besar lebih dominan melewati jembatan tersebut dibandingkan dengan jembatan di sebelahnya.

“Mobil truk kayu, pasir dan batu lebih banyak yang keluar Pangandaran dan melalui jembatan tersebut.  Sedangkan kendaraan yang melintas di jembatan yang di bangun Kementerian PUPR tonasenya lebih ringan, bahkan lebih banyak yang tanpa muatan,” jelasnya.

Selain itu pembangunannya yang bersifat darurat, banyak kayu dasar jembatan yang ukuran ketebalannya tidak sama sehingga permukaan dasarnya tidak rata. Hal itu menyebabkan kayu lapisan yang memanjang diatasnya tidak duduk sempurna dan banyak celahnya.

“Akibat dua hal tersebut membuat kayu bantalan jembatan cepat lepas dari baut dan rusak,” ujar Agus.

Untuk itu, pihaknya meminta maaf kepada masyarakat luas, karena pada Senin tanggal 20 Maret 2017 jembatan bailey sebelah utara akan ditutup sementara untuk dilakukan perbaikan.

foto: iwan mulyadi/wp

“Rencannya selain akan mengganti kayu bantalan bagian dasar supaya rata, juga untuk lapisan kayu panjangnya akan menggunakan kayu dari pohon kelapa yang tua agar awet dan kokoh,” pungkasnya. (Iwan Mulyadi/WP)

loading...
Berita lainnya

Beri komentar

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.